METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK MELAKUKAN PEMERIKSAAN FISIK PADA IBU HAMIL
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i2.17226Abstract
Hakekat belajar dan mengajar adalah wujud nyata dari pendidikan yaitu usaha sadar bertujuan membudayakan manusia dan memanusiakan manusia.Manusia itu sendiri adalah pribadi yang utuh dan pribadi yang kompleks sehingga sulit dipelajari.Bidan merupakan salahsatu tenaga kesehatan yang memiliki posisi penting dan strategi terutama dalam upaya menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kesakitan dan kematian bayi ( AKB ). Bidan memberikan pelayanan kebidanan yang komprehensif dan paripurna baik kepada wanita sepanjang daur kehidupannya.Bidan bertanggungjawab dan bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan, dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan, dan masa nifas.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan rancangan post test control group only design.Sampel dari penelitian adalah mahasiswa semester III jurusan Kebidanan. Hasil penelitian Fhitung = 14,702, sedangkan Ftabel 5% dengan (db = 80-1) = 3,96, jika dibandingkan Fhitung (14,702) > Ftabel (3,96) maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar praktek melakukan pemeriksaan fisik pada ibu hamil mahasiswa yang mengikuti pembelajaran demonstrasi berbantuan media jobsheet dengan berbantuan penuntun belajar.
Perkembangan tuntutan kebutuhan masyarakat, kemajuan IPTEK dan perkembangan pembangunan di bidang kesehatan membawa dampak akan tuntutan pada pelayanan atau asuhan kebidanan profesional. Mengacu pada hal tersebut institusi pendidikan kebidanan berupaya memungkinkan adanya situasi dan kondisi belajar mahasiswa untuk mengikuti dan menguasai ilmu dan kiat kebidanan. Dengan penguasaan ilmu dan kiat kebidanan dapat menumbuhkan dan membina sikap mahasiswa dalam melaksanakan asuhan kebidanan profesional.
Kata-kata kunci: demonstrasi, media jobsheet, hasil belajar,dan pemeriksaan fisik ibu hamil
References
Atkinson, Rita L, Richard C. 1996. Pengantar Psikologi (terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga
Azhar. 1997 Media Pembelajaran, Jakarta Raja Grafindi Persada
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dimyati. 2006 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah & Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : Rineka Cipta.
Gufron, M.Nur. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta; Ar-Ruzz Media
Hastuti, Puji. 2001. Hubungan Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa, suatu studi pada FPTK IKIP Jakarta. Disertasi yang tidak dipublikasikan. Program Pasca Sarjana Universitas Nasional Jakarta.
Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Monks, K. J; Knoers, A. M. P dan Haditono, S. R. 1992. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Sardiman A.M. 2011 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Santrock Jhon. W. 2004. Educational Pshycology, New York: Mc Graw-Hill.
Solomon & Rothblum. 1990. Psychology of Adjustment and Human Relationship. New York: McGraw-Hill, Inc
Suryabrata, Sumadi. 1983. Psikologi Kepribadian. Jakarta : Erlangga.
Aryawati. 2010. Pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar seni tari ditinjau dari kemandirian siswa. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja
Wira Bayu. 2012. Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Membaca dan Menulis Permulaan Bahasa Inggris. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)