ANALISIS TES PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PADA MAHASISWA KEBIDANAN

Authors

  • Ni Ketut Erawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i2.17287

Abstract

Salah satu bentuk instrumen untuk mengukur hasil belajar adalah tes. Tes dikatakan baik apabila memenuhi syarat diantaranya valid dan reliabel, namun analisis tes masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan menganalisis perangkat tes penilaian pencapaian kompetensi (PPK) bidan. Analisis tes meliputi analisis tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas dan reliabilitas tes. Penelitian dilakukan pada mahasiswa kebidanan semester V. Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif, analisis data menggunakan rumus tingkat kesukaran, daya beda, poin biserial dan KR-20. Sampel berupa perangkat tes penilaian kompetensi yang terdiri dari 120 butir soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan 57% butir soal memiliki tingkat kesukaran terkategori mudah, 33% memiliki daya pembeda terkategori jelek, 64% butir soal tidak valid artinya masih banyak butir soal yang harus diperbaiki atau harus dibuang. Uji reliabilitas pada butir soal yang valid menunjukkan tingkat reliabilitas sangat baik yaitu 95%. Dengan melakukan analisis butir soal harapannya akan mampu mengukur kompetensi mahasiswa sebenarnya.

 

Kata-kata kunci: tes penilaian kompetensi, validitas, reliabilitas.

References

Arikunto,S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi revisi VI. PT Rineka Cipta. Jakarta

Arikunto,S .2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi revisi. PT Bumi Aksara. Jakarta

Daryanto.2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreativ dan Inovatif. AV Publisher. Jakarta

Depdiknas. 2007. Analisis Butir Soal Secara Manual. Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan. Depdiknas.

Kerlinger, Fred N. 1990. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Terjemahan Landung R.Simatupang. Foundation of Behavioral Research. 1973. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press

Koyan,W.2007. Statistik Terapan (Teknik Analisis Data Kuantitatif).Buku Ajar.Universitas Pendidikan Ganesha.Singaraja

Koswara, Triatna. 2009. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Cetakan Ketiga. Alfabeta. Bandung

Kemenristek RI. 2012. Pedoman Penilaian Pencapaian Kompetensi Program Diploma III Kebidanan. Jakarta

Nazir,M. 2009. Metode Penelitian.Cetakan Ketujuh. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor

Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Penerbit Rajawali Press. Jakarta

Sugiyono.2012. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Kelima. CV Alfabeta. Jakarta

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Bumi Aksara. Jakarta

Suprananto, Kusaeri. 2012.Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Suryabrata,S.2003. Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Susanto, Hery. 2015. Analisis Validitas Reliabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Kelas XII IPS Di SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Ilmu Pendidikan. Lampung

Downloads

Published

2019-04-22