ANALISIS TES PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PADA MAHASISWA KEBIDANAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i2.17287Abstract
Salah satu bentuk instrumen untuk mengukur hasil belajar adalah tes. Tes dikatakan baik apabila memenuhi syarat diantaranya valid dan reliabel, namun analisis tes masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan menganalisis perangkat tes penilaian pencapaian kompetensi (PPK) bidan. Analisis tes meliputi analisis tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas dan reliabilitas tes. Penelitian dilakukan pada mahasiswa kebidanan semester V. Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif, analisis data menggunakan rumus tingkat kesukaran, daya beda, poin biserial dan KR-20. Sampel berupa perangkat tes penilaian kompetensi yang terdiri dari 120 butir soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan 57% butir soal memiliki tingkat kesukaran terkategori mudah, 33% memiliki daya pembeda terkategori jelek, 64% butir soal tidak valid artinya masih banyak butir soal yang harus diperbaiki atau harus dibuang. Uji reliabilitas pada butir soal yang valid menunjukkan tingkat reliabilitas sangat baik yaitu 95%. Dengan melakukan analisis butir soal harapannya akan mampu mengukur kompetensi mahasiswa sebenarnya.
Kata-kata kunci: tes penilaian kompetensi, validitas, reliabilitas.
References
Arikunto,S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi revisi VI. PT Rineka Cipta. Jakarta
Arikunto,S .2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi revisi. PT Bumi Aksara. Jakarta
Daryanto.2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreativ dan Inovatif. AV Publisher. Jakarta
Depdiknas. 2007. Analisis Butir Soal Secara Manual. Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan. Depdiknas.
Kerlinger, Fred N. 1990. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Terjemahan Landung R.Simatupang. Foundation of Behavioral Research. 1973. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press
Koyan,W.2007. Statistik Terapan (Teknik Analisis Data Kuantitatif).Buku Ajar.Universitas Pendidikan Ganesha.Singaraja
Koswara, Triatna. 2009. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Cetakan Ketiga. Alfabeta. Bandung
Kemenristek RI. 2012. Pedoman Penilaian Pencapaian Kompetensi Program Diploma III Kebidanan. Jakarta
Nazir,M. 2009. Metode Penelitian.Cetakan Ketujuh. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor
Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Penerbit Rajawali Press. Jakarta
Sugiyono.2012. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Kelima. CV Alfabeta. Jakarta
Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Bumi Aksara. Jakarta
Suprananto, Kusaeri. 2012.Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Graha Ilmu. Yogyakarta
Suryabrata,S.2003. Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Susanto, Hery. 2015. Analisis Validitas Reliabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Kelas XII IPS Di SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Ilmu Pendidikan. Lampung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)