MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN GERAK DASAR OPERAN BOLA BASKET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i2.17289Keywords:
hasil belajar, operan bola basket, model pembelajaran jigsaw.Abstract
Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran PJOK di kelas X MIPA-4 SMA Negeri 14 Semarang, menunjukan bahwa secara umum siswa memiliki kemampuan menengah ke bawah dalam ketrampilan gerak dasar operan bola basket. Hal ini ditunjukan dengan adanya hasil pembelajaran siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan. Berdasar permasalahan tersebut tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar gerak dasar operan bola basketpada siswa kelas X MIPA-4 SMA Negeri 14 Semarang Tahun Pelajaran 2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus pembelajaran 1 dan siklus pembelajaran 2, dengan prosentase indikator pencapaian keberhasilan untuk siklus 1 dan 2 adalah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥70, dan 75 % dari jumlah siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Analisis hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif presentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran siklus 1 jumlah siswa yang pada awal pembelajaran53,% telah memenuhi KKM meningkat menjadi 64 % ,dan pada pelaksanaan pembelajaran siklus 2 jumlah siswa yang sudah mencapai nilai KKM meningkat menjadi 100 %, sehingga siswa dinyatakan telah memenuhi nilai KKM. Berdasar hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar gerak dasar operan bola basket. Disarankan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dapat menggunakan model pembelajaran Jigsaw untuk pembelajaran materi yang lain.
Kata-kata kunci: hasil belajar, operan bola basket, model pembelajaran jigsaw.
References
Abdulkadir, Ateng. 1992. Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan Jasmani.
Arikunto dan Jabar. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Beny, Pribadi. 2009. Belajar Pembelajaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Budiwanto dan Mu’arifin. 2006. Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga.Malang: Wineka Media.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Hasil Belajar. Bandung: Rosdakarya.
H.E, Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Cetakan Ke-1.(Edisi Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Krisyanto, Agus. 2010. Penelitian Tindakan Kelas . Surakarta: UNS Press.
Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). Jakarta: Depdikbud Dikti.
RC, Rifa’i Achmad dan Anni, Catharina Tri. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Pres.
Stringer, E.T. (1996). Action Research: A Handbook for Practitioners.London: Sage Publications, Inc.
Sudijono. 2010. Teknik Analisis Data. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Sudjana, Nana. 2005. Metode Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Reduksi dan Penyajian Data. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunardi. 2002. Metode Mengajar Siswa. Jakarta: Gramedia.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)