IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR (SHOOTING) BERLANDASAN BUDAYA LOKAL

Authors

  • I Kadek Suardika STKIP Agama Hindu Singaraja
  • Gede Hendri Setiawan STKIP Agama Hindu Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17346

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif, aktivitas, hasil belajar, menendang bola (shooting).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar teknik dasar menendang bola (shooting) dalam permainan sepak bola pada peserta didik kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Sukasada Tahun pelajaran 2018/2019

            Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Bentuk tindakan penelitian yang digunakan adalah peneliti sebagai guru. Pelaksanaan penelitian menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.

            Pada siklus I aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai (5,6). Berdasarkan rentangan ketuntasan 0% -57% dan (80%), berdasarkan rentang ketuntasan 78% – 87% dalam katagori (baik). Pada siklus II, aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal adalah mencapai (7,7) berdasarkan rentang ketuntasan75% - 77% dan 90%, berdasarkan rentang ketuntasan 88% – 100 % dalam katagori (sangat baik). Rata-rata aktivitas dan hasil belajar teknik menendang bola (shooting) adalah 91 (sangat aktif)

            Disimpulkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar menendang bola (shooting) meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) pada  Siswa Kelas XI IPA I SMA Negeri  1 Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019

References

Departemen Pendidkan Nasional, 2006. Badan Standar Nasional Pendidikan

Dimayanti dan Mudjiono. 2006, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Erlangga, 2006. Pendidikan Jasmani olahraga dan kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik,Omar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

.

Kanca, I Nyoman. 2006. Metode Penilitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Nurhadi, ddk. 2004. Pembelajaran kontekstual dan Penerapam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusman, 2010. Model-,Model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: PT RajaGrafindo

Satyawan, 2012. Permainan Sepak Bola.

Suprianjono, A. 2009. Cooperativ leariing Teori dan Aplikasi. Yogjakarta: Pustaka Belajar

Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Downloads

Published

2019-07-04

Issue

Section

Articles