IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR (SHOOTING) BERLANDASAN BUDAYA LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17346Kata Kunci:
Model pembelajaran kooperatif, aktivitas, hasil belajar, menendang bola (shooting).Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar teknik dasar menendang bola (shooting) dalam permainan sepak bola pada peserta didik kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Sukasada Tahun pelajaran 2018/2019
Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Bentuk tindakan penelitian yang digunakan adalah peneliti sebagai guru. Pelaksanaan penelitian menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.
Pada siklus I aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai (5,6). Berdasarkan rentangan ketuntasan 0% -57% dan (80%), berdasarkan rentang ketuntasan 78% – 87% dalam katagori (baik). Pada siklus II, aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal adalah mencapai (7,7) berdasarkan rentang ketuntasan75% - 77% dan 90%, berdasarkan rentang ketuntasan 88% – 100 % dalam katagori (sangat baik). Rata-rata aktivitas dan hasil belajar teknik menendang bola (shooting) adalah 91 (sangat aktif)
Disimpulkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar menendang bola (shooting) meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) pada Siswa Kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019Referensi
Departemen Pendidkan Nasional, 2006. Badan Standar Nasional Pendidikan
Dimayanti dan Mudjiono. 2006, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Erlangga, 2006. Pendidikan Jasmani olahraga dan kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik,Omar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
.
Kanca, I Nyoman. 2006. Metode Penilitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Nurhadi, ddk. 2004. Pembelajaran kontekstual dan Penerapam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rusman, 2010. Model-,Model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: PT RajaGrafindo
Satyawan, 2012. Permainan Sepak Bola.
Suprianjono, A. 2009. Cooperativ leariing Teori dan Aplikasi. Yogjakarta: Pustaka Belajar
Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)