PENGARUH METODE BERMAIN DAN METODE LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Penjasorkes)

Authors

  • Nurul Ihsan

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i2.17352

Keywords:

metode bermain, metode latihan dan hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh dan perbedaan metode bermain dan metode latihan terhadap hasil belajar penjasorkes siswa SMP Negeri 24 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri 24 Padang yang duduk pada kelas VIII sebanyak 252 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 62 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap hasil belajar penjasorkes. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dependent sample.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh metode bermain secara signifikan terhadap hasil belajar penjasorkes dengan nilai thitung = 7,32 > ttabel = 2,03 yang berarti terdapat pengaruh; 2) terdapat pengaruh metode latihan secara signifikan terhadap hasil belajar penjasorkes dengan  uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 13,61 > ttabel = 2,04, dan kebenarannya diterima secara empiris; dan 3) tidak terdapat perbedaan pengaruh metode bermain dengan metode latihan terhadap hasil belajar penjasorkes siswa SMP Negeri 24 Padang, dengan  thitung = 0,17 < ttabel = 2,81. Hal ini berarti bahwa hipotesis penelitian tidak dapat diterima secara empiris.

 

Kata-kata kunci: metode bermain, metode latihan dan hasil belajar

References

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta Rosdakarya Offset.

Arsil. 2006. Perbedaan Pengaruh Latihan Teknik Eelementer dan Modifikasi Permainan Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Sepak Bola. Padang: Tesis Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Yuliani dkk. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.

Hardiansyah Sefri. 2017. The Influence Of Circuit Training Method on The Enhancement Of Physical Fitness Of Sports Education Department Students. Proceedings The 1st Yogyakarta International Seminar on Health, Physical Education, and Sports Science: Yogyakarta

Downloads

Published

2019-04-22