PENGARUH METODE BERMAIN DAN METODE LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Penjasorkes)
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i2.17352Keywords:
metode bermain, metode latihan dan hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan metode bermain dan metode latihan terhadap hasil belajar penjasorkes siswa SMP Negeri 24 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri 24 Padang yang duduk pada kelas VIII sebanyak 252 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 62 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap hasil belajar penjasorkes. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dependent sample.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh metode bermain secara signifikan terhadap hasil belajar penjasorkes dengan nilai thitung = 7,32 > ttabel = 2,03 yang berarti terdapat pengaruh; 2) terdapat pengaruh metode latihan secara signifikan terhadap hasil belajar penjasorkes dengan uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 13,61 > ttabel = 2,04, dan kebenarannya diterima secara empiris; dan 3) tidak terdapat perbedaan pengaruh metode bermain dengan metode latihan terhadap hasil belajar penjasorkes siswa SMP Negeri 24 Padang, dengan thitung = 0,17 < ttabel = 2,81. Hal ini berarti bahwa hipotesis penelitian tidak dapat diterima secara empiris.
Kata-kata kunci: metode bermain, metode latihan dan hasil belajar
References
Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta Rosdakarya Offset.
Arsil. 2006. Perbedaan Pengaruh Latihan Teknik Eelementer dan Modifikasi Permainan Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Sepak Bola. Padang: Tesis Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta
Yuliani dkk. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.
Hardiansyah Sefri. 2017. The Influence Of Circuit Training Method on The Enhancement Of Physical Fitness Of Sports Education Department Students. Proceedings The 1st Yogyakarta International Seminar on Health, Physical Education, and Sports Science: Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)