PENERAPAN MEDIA TRAFIC LIGHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASORKES PADA SISWA KELAS IXA6 SMP NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • I KOMANG BAGIASA SMP NEGERI 1 SINGARAJA

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17354

Keywords:

media, trafic light

Abstract

Melihat permasalahan yang dihadapi, dimana kondisi pembelajaran dalam aktivitas kebugaran jasmani yang berlangsung tidak sesuai harapan, peserta didik cenderung menunjukkan sikap kurang tertarik ketika menyelesaikan gerak yang ditugaskan dan menunjukkan hasil yang kurang  memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IXA6 dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pada materi kebugaran jasmani dengan menggunakan media traffic light. Dalam penerapan pembelajaran yang  menggunakan media traffic light terdapat peningkatan hasil belajar kebugaran jasmani siswa, hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil belajar pada siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata (mean) pada siklus I sebesar 79,75 menjadi 89,14 pada siklus II, mengalami peningkatan sebesar 11,77% dan melampaui KKM. (KKM=80). Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 70% menjadi 100% pada siklus II, mengalami peningkatan sebesar 30% dan sesuai kriteria ketuntasan klasikal(100%.). Dapat dinyatakan bahwa penggunaan media traffic light pada materi kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sangat efektif terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: media, trafic light

Author Biography

I KOMANG BAGIASA, SMP NEGERI 1 SINGARAJA

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA 

SMP NEGERI 1 SINGARAJA

References

A.H Hujair Sanaky. 2009. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insania

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bahri,Jamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Pt Rineka Cipta.

Bluemel, N.L, taylor, R.H. 2003. Pop Up Books : A Guide for Teachers and Librarians . California. Santa Barbara

Brian, CS,2017. Ruler Drop Test, https://www.brianmac.co.uk/rulerdrop.htm, diakses tanggal 12 April 2018.

Harsoyo Agus, 2014”Pengaruh penggunaan media mengajar bola lunak terhadap hasil belajar keterampilan passing bolavoli pada siswa putra kelas I SMP”. Jurnal Olahraga Pendidikan. Volume 1 Nomor 1, 50: 47-55.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Undiksha.

Kemdikbud. 2013. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan kesehatan. Jakarta : Kemdikbud.

Koyan, I Wayan. Statistik Pendidikan. Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Koyan, I Wayan. 2012. Evaluasi Program Pendidikan. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Koyan, I Wayan. Statistik Terapan (Teknik Analisa Data Kuantitatif). Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Nuarisapta Dufa, 2018. Penggunaan Media dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman, http://eprints.uny.ac.id/56462/, diakses tanggal 16 Mei 2018.

Rajasa Wahyu, 2015 “Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Pengenalan Sinyal Wasit dalam Permainan Bolabasket untuk Siswa Sekolah Menengah Atas”, http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/11583/67/1508, diakses 16 Mei 2018.

Suharto. 2000. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia Untuk Anak Umur 10-12 Tahun. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional

Suhardi,Didik. 2014. Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta:Kemendibud

Tobo,S. 2010.”hubungan kesegaran jasmani kesehatan dan pelatihan”. Tesesedia pada http://tobosarya.wordpress.com

Downloads

Published

2019-07-04

Issue

Section

Articles