PENERAPAN MEDIA TRAFIC LIGHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASORKES PADA SISWA KELAS IXA6 SMP NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17354Kata Kunci:
media, trafic lightAbstrak
Melihat permasalahan yang dihadapi, dimana kondisi pembelajaran dalam aktivitas kebugaran jasmani yang berlangsung tidak sesuai harapan, peserta didik cenderung menunjukkan sikap kurang tertarik ketika menyelesaikan gerak yang ditugaskan dan menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IXA6 dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pada materi kebugaran jasmani dengan menggunakan media traffic light. Dalam penerapan pembelajaran yang menggunakan media traffic light terdapat peningkatan hasil belajar kebugaran jasmani siswa, hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil belajar pada siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata (mean) pada siklus I sebesar 79,75 menjadi 89,14 pada siklus II, mengalami peningkatan sebesar 11,77% dan melampaui KKM. (KKM=80). Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 70% menjadi 100% pada siklus II, mengalami peningkatan sebesar 30% dan sesuai kriteria ketuntasan klasikal(100%.). Dapat dinyatakan bahwa penggunaan media traffic light pada materi kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sangat efektif terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: media, trafic light
Referensi
A.H Hujair Sanaky. 2009. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insania
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bahri,Jamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Pt Rineka Cipta.
Bluemel, N.L, taylor, R.H. 2003. Pop Up Books : A Guide for Teachers and Librarians . California. Santa Barbara
Brian, CS,2017. Ruler Drop Test, https://www.brianmac.co.uk/rulerdrop.htm, diakses tanggal 12 April 2018.
Harsoyo Agus, 2014”Pengaruh penggunaan media mengajar bola lunak terhadap hasil belajar keterampilan passing bolavoli pada siswa putra kelas I SMP”. Jurnal Olahraga Pendidikan. Volume 1 Nomor 1, 50: 47-55.
Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Undiksha.
Kemdikbud. 2013. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan kesehatan. Jakarta : Kemdikbud.
Koyan, I Wayan. Statistik Pendidikan. Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Koyan, I Wayan. 2012. Evaluasi Program Pendidikan. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Koyan, I Wayan. Statistik Terapan (Teknik Analisa Data Kuantitatif). Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Nuarisapta Dufa, 2018. Penggunaan Media dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman, http://eprints.uny.ac.id/56462/, diakses tanggal 16 Mei 2018.
Rajasa Wahyu, 2015 “Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Pengenalan Sinyal Wasit dalam Permainan Bolabasket untuk Siswa Sekolah Menengah Atas”, http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/11583/67/1508, diakses 16 Mei 2018.
Suharto. 2000. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia Untuk Anak Umur 10-12 Tahun. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional
Suhardi,Didik. 2014. Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta:Kemendibud
Tobo,S. 2010.”hubungan kesegaran jasmani kesehatan dan pelatihan”. Tesesedia pada http://tobosarya.wordpress.com
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)