MODEL PEMBELAJARAN LEMPAR TANGKAP SOFTBALL MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Agung Kuntoro Saputro Universitas Negeri Jakarta
  • Susilo Susilo Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.19459

Abstract

Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran lempar tangkap softball menggunakan media pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas (SMA).  Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, dan prosedur pengembangan produk ini terdiri analisis produk yang ingin dibuat, membuat produk awal, uji validasi ahli dan revisi, uji kelompok kecil revisi, uji kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang didapat dari evaluasi ahli, serta menggunakan hasil pengamatan di lapangan yang diperoleh dari siswa, dan penerapan produk. Teknik mengolah  data adalah deskriptif persentase. Data yang didapatkan adalah sebelum pemberian perlakuan (kelompok control) berupa model pembelajaran keterampilan lempar tangkap softball diketahui hasil rata-ratanya adalah 21.4 dan hasil rata-rata dari kelompok eksperimen 32.033. Maka terdapat selisih antara kelompok control dan kelompok eksperimen sebanyak 10.633. Maka model pembelajaran keterampilan lempar tangkap softball menggunakan media pembelajaran efektif dalam meningkatkan keterampilan lempar tangkap softball pada SMA. Hasil data dapat disimpulkan bahwa: (1) Model  pembelajaran keterampilan lempar tangkap softball menggunakan media pembelajaran pada SMA dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran maupun saat ekstrakurikuler di sekolah, (2) dari model diperoleh bukti adanya peningkatan dengan ditunjukan hasil pengujian data hasil pretes dan posttest adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan model

References

Akbar, A., & Faz'ul, M. (2015). Pengembangan model-model permainan lempar dan tangkap untuk pembelajaran softball bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang/Muh. Faz'ul Akbar A (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

American Sport Education Program. 2009. Coaching Softball Technical and Tactical Skills. New Zealand: Human Kinetic.

American Sport Education Program. 2007. Coaching Youth Softball. New Zealand: Human Kinetic.

Borg and Gall. 1983. Educational Research An Introduction. New York, Longman.

Diane Potter. 2009. Softball Steps To Success. United States: Human Kinetic.

Judi Garman. 2011. Softball Skill and Drill. United States of America: Human Kinetic.

Michele Smith. 2008. Coach Guide To Game winning Softball Drills. United States of America: Mcraw-Hill.

Rick Noren. 2005. Softball Fundamental. New Zealand: Human Kinetic.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA/MA. Jakarta: Litera.

Samsudin. 2014. Desain Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Litera.

Samsudin. 2014. Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Litera.

Sugiyanto. 2007. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Mendikbud

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Muhammad Aniq Asqof. 2015. “Perbedaan Latihan Melempar dengan Sasaran Berpindah dan Latihan Lemparan Samping dengan Berpasangan Terhadap Akurasi Lemparan Samping pada Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Softball UNNES,” Journal of Sport Sciences and Fitness, Vol.4 (1), hal. 44.

Ni Putu Ayu. 2016. “Meningkatkan Motivasi Gerak Dalam Permainan Bola Softball Dengan Modifikasi Alat Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta”, Jurnal PendidikanJasmani Indonesia, Vol. 12, (1), hal. 11.

Soegiyanto. 2005. “Pengembangan Alat Ukur Keterampilan Dasar Bermain Softball”, Cakrawala Pendidikan , Vol. 29 (1), hal. 281.

Waham Soetahir. 2005. “Modifikasi Permainan Softball di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Vol. 3, (1), hal. 82.

Widiastuti, W., Hamdallah, N. B., & Pradityana, K. (2018). Model Pembelajaran Lempar Tangkap Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 166-176.

Widiati Amali. (2016). “Pengembangan Model Pembelajaran Lob Bulutangkis Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama”, Jurnal IPTEK Olahraga, Vol. 18, (3), hal. 266.

Yudhi, N. P., Suherman, A., & Saptani, E. (2018). Pengaruh. Modifikasi. Bola. Terhadap. Lempar. Tangkap. Pada.. Permainan bola. Kasti. SpoRTIVE, 1(1), 391-400.

Downloads

Published

2020-02-09