ANALISIS FRAMING TERHADAP PEMBERITAAN KLUB SEPAK BOLA PERSEBAYA

Authors

  • Nasario Wahyu Handoko Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Fikry Zahria Emeraldien Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Aldi Purnomo Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UPN "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.21652

Abstract

Berita olahraga digemari masyarakat Indonesia, namun masih jarang diteliti. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan pemberitaan media cetak Jawa Pos dan Harian Surya dalammembingkai dan memberitakan klub sepakbola Persebaya Surabaya. Hal ini berkaitan dengan pasca peralihan media partner dari Jawa Pos ke Harian Surya. Dulu media partner Persebaya (2017) adalah Jawa Pos, di mana Presidennya, Azrul Ananda, merupakan CEO Jawa Pos. Namun, setelah Presiden Persebaya tersebut tidak berada di institusi Jawa Pos lagi, media partner Persebaya beralih menjadi Harian Surya.Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis framingdengan metode kualitatif. Adapun model analisis framing yang digunakan adalah milik Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicky. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa pembingkaian berita oleh Jawa Pos dan Harian Surya memiliki perbedaan dalam pemberitaannya. Jawa Pos tidak memperlihatkan keberpihakan dalam pemberitaannya, sementara Surya sudah berusaha menyuguhkan berita yang berimbang meski kurang selaras dan kurang memenuhi kelengkapan unsur berita.

References

Damayanti, S., Mayangsari, I. D., & Putra, D. K. S. (2016). Analisis framing robert n. Entman atas pemberitaan reklamasi teluk jakarta di majalah tempo. eProceedings of Management, 3(3).

Devin, A. (2018). Peran Jurnalis Olahraga Pada Perkembangan Persepakbolaan Di Indonesia Periode 2015-2017 (Studi Pada Jurnalis Sepakbola Panditfootball.com) (Doctoral Dissertation, University Of Muhammadiyah Malang)

Emeraldien, F. Z. (2018). Culture in Glocalization Process: A Study of Indonesian Newspapers. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 82-94.

Eriyanto, A. F. (2002). Konstruksi. Ideologi dan Politik Media, Yogyakarta: LKIS.

Fianto, L., & Aminulloh, A. (2015). Analisis Framing Berita Kasus Korupsi Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar di Vivanews. com dan Detik. com. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1).

Fiorentina, R., Mayasari, M., & Hariyanto, F. (2018). Analisis Framing Pemberitaan “Reuni Akbar 212”(Analisis Framing Model Robert N Entman Media Online kompas. com dengan republika. co. id Edisi 26 November 2017–9 Desember 2017). JURNAL POLITIKOM INDONESIANA, 3(2), 84-93.

Hagijanto, A. D. (2004). White Space dalam iklan di media cetak. Nirmana, 1(2).

HANANI, S. U., & Reza, N. (2019). ARTIKEL BROMANCE REPRESENTATION IN JAVA CULTURE BACKGROUND MOVIE. Metakom, 51-63.

Haryati, T., Putra,R. B. A., & Setyawati, H. (2018). Ananlisis Pemberitaan Olahraga pada Rubrik Gelora Harian Wawasan. JURNAL PENJAKORA, 4(2).

Indriastuti, Y. (2018). Keluarga Sebagai Katalis Peran Politisi Perempuan Jawa Timur. JURNAL ILMU KOMUNIKASI. 1(1).

Ishwara, L. (2011). Jurnalisme Dasar. Penerbit Buku Kompas.

Junaedi, F. (2016). Jawa Pos Membela Persebaya: Bingkai Pemberitaan Jawa Pos tentang Persebaya dalam Kongres PSSI 2016. ETTISAL Journal of Communication, 1(2), 208-225.

Pujileksono, S. (2015). Metode penelitian komunikasi kualitatif. Malang: Intrans Publishing.

Surbakti, L. J. R. (2013). Analisis Framing Pemberitaan Konflik Partai Nasional Demokratn (Nasdem) di Harian Media Indonesia dan Koran Sindo. Jurnal e-Komunikasi, 1(2).

Tarju, T., & Wahidi, R. (2017). Pengaruh Metode Latihan Terhadap Peningkatan Passing Dalam Permainan Sepak Bola. JUARA: Jurnal Olahraga, 2(2), 66-72.

Downloads

Published

2020-02-09