Pengaruh Pelatihan Plyometric Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai dan Hasil Jarak Lompatan Start Renang

Authors

  • Suratno Suratno Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Artanayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Suratmin Suratmin Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i2.32019

Keywords:

plyometric, kekuatan otot, renang.

Abstract

Pembinaan ekstrakurikuler cabang olahraga renang di SMA Negeri 2 Kuta belum menunjukkan prestasi yang memuaskan, sehingga pelatih menerapkan dua metode pelatihan untuk meningkatkan kemampuan start atletnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan membuktikan apakah terdapat perbedaan daya ledak otot tungkai dan hasil jarak lompatan start renang antara kelompok peserta didik yang mengikuti pelatihan plyometric reaction box jump dan plyometric stair jump. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan melibatkan 42 peserta ekstrakurikuler renang yang diambil dengan teknik ordinal pairing. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes dan pengukuran yang dilaksanakan selama 8 minggu serta terbagi dalam tiga kegiatan diantaranya tes awal, perlakuan, dan tes akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan (1) daya ledak otot tungkai dan hasil jarak lompatan start renang, (2) daya ledak otot tungkai, (3) hasil jarak lompatan start renang antara kelompok yang mengikuti pelatihan plyometric reaction box jump dan kelompok yang mengikuti pelatihan plyometric stair jump.

References

INDONESIA, P. R. (2007). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Irwanto. (2016). Psikologi Umum. Gramedia Pustaka Utama.

Kanca, I. N. (2010). Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

PRAMONO, D. B. (2014). Perbandingan Jarak Lompatan antara Grab Start dan Track Start pada Cabang Olahraga Renang (Atlet Renang SC Eagle Surabaya). Jurnal Kesehatan Olahraga, 2(1).

Santoso, S. (2017). Statistik multivariat dengan SPSS. Elex Media Komputindo.

Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. Vii.

Suparyo, S. (2018). Pengaruh Pembinaan Ekstrakurikuler dan Ketersediaan Sarana Prasarana Terhadap Pengembangan Olahraga: Studi Pada SMA Negeri Se-Kabupaten Majalengka. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(1), 41–54.

Downloads

Published

2021-10-05