Pengaruh Pelatihan Plyometric Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai dan Hasil Jarak Lompatan Start Renang
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i2.32019Kata Kunci:
plyometric, kekuatan otot, renang.Abstrak
Pembinaan ekstrakurikuler cabang olahraga renang di SMA Negeri 2 Kuta belum menunjukkan prestasi yang memuaskan, sehingga pelatih menerapkan dua metode pelatihan untuk meningkatkan kemampuan start atletnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan membuktikan apakah terdapat perbedaan daya ledak otot tungkai dan hasil jarak lompatan start renang antara kelompok peserta didik yang mengikuti pelatihan plyometric reaction box jump dan plyometric stair jump. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan melibatkan 42 peserta ekstrakurikuler renang yang diambil dengan teknik ordinal pairing. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes dan pengukuran yang dilaksanakan selama 8 minggu serta terbagi dalam tiga kegiatan diantaranya tes awal, perlakuan, dan tes akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan (1) daya ledak otot tungkai dan hasil jarak lompatan start renang, (2) daya ledak otot tungkai, (3) hasil jarak lompatan start renang antara kelompok yang mengikuti pelatihan plyometric reaction box jump dan kelompok yang mengikuti pelatihan plyometric stair jump.
Referensi
INDONESIA, P. R. (2007). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.
Irwanto. (2016). Psikologi Umum. Gramedia Pustaka Utama.
Kanca, I. N. (2010). Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
PRAMONO, D. B. (2014). Perbandingan Jarak Lompatan antara Grab Start dan Track Start pada Cabang Olahraga Renang (Atlet Renang SC Eagle Surabaya). Jurnal Kesehatan Olahraga, 2(1).
Santoso, S. (2017). Statistik multivariat dengan SPSS. Elex Media Komputindo.
Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. Vii.
Suparyo, S. (2018). Pengaruh Pembinaan Ekstrakurikuler dan Ketersediaan Sarana Prasarana Terhadap Pengembangan Olahraga: Studi Pada SMA Negeri Se-Kabupaten Majalengka. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(1), 41–54.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)