Faktor-Faktor Penghambat Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran Senam Lantai

Authors

  • Abdul Zalil Ashidqy Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ruslan Abdul Gani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Irfan Zinat Achmad Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Mury Syafei Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tedy Purbangkara Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Citra Resita Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v10i1.56287

Keywords:

faktor penghambat, pembelajaran senam lantai, SMK Iptek Sanggabuana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran senam lantai di SMK Iptek Sanggabuana. Penelitian ini dilakukan di SMK Iptek Sanggabuana Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi, dengan beberapa tahapan berupa pengambilan data, reduksi data serta penyajian data. Uji validitas data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang menjadi penghambat siswa dalam mengikuti pembelajaran senam lantai di SMK Iptek Sanggabuana diantaranya karena (1) faktor internal: kecemasan karena takut cedera, kurangnya kepercayaan diri, badan yang kurang ideal serta merasa pegal-pegal, setelah melakukan gerakan senam lantai; (2) faktor eksternal: sarana dan prasarana yang kurang baik, pembelajaran di cuaca yang panas, kurangnya peserta didik memperhatikan guru saat pembelajaran dan peserta didik cenderung lebih suka olahraga permainan. Untuk itu diperlukan upaya untuk dapat mengembangkan metode atau model pembelajaran yang mampu mengurangi hambatan dalam pembelajaran.

References

Albiro, M. C., Kurniawan, F., & Rahman, I. (2021). Analisis Tingkat Percaya Diri Siswa SMKN 1 Karawang Barat yang Mengikuti Pertandingan Futsal. JURNAL PENJAKORA, 8(2), 91–97.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (pp. 22--23). PT. Rineka Cipta.

Gunantara, A. Y., & Mawarti, S. (2018). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Meroda Pada Siswa Kelas V SD Negeri 6 Minomartani The Problem Identification Of The Cartwheel Learning In 5 Graders Of Sd Negeri 6 Minomartani. PGSD Penjaskes, 7(7).

Gustiawati, R., & Julianti, R. R. (2018). Pengaruh Model Pendidikan Gerak (Movement Education) Terhadap Hasil Penilaian Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan …. Jurnal Speed (Sport, Physical …, 2(November), 44–51. https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/1731

Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi Untuk Hasil Pembelajaran Senam Lantai. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8646

Hasan, S., Winarno, M. E., & Tomi, A. (2015). Pengembangan Model Permainan Gerak Dasar Lempar Untuk Siswa Kelas V Sdn Tawangargo 4 Karangploso Malang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 182–200.

Hasnidar, H., & Elihami, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Murid Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 42–47.

Khendri, Z. (2022). INNOVATIVE : Volume 2 Nomor 2 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pembelajaran Demonstrasi Pada Kelas XII IPA 4 SMAN 3. 2, 124–129.

Maulana, M., Ismaya, B., & Hidayat, A. S. (2020). Minat Siswi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam Lantai Sman 1 Cikampek. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 66–76. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3766

Mkaouer, B., Hammoudi-Nassib, S., Amara, S., & Chaabene, H. (2018). Evaluating the physical and basic gymnastics skills assessment for International Gymnastics Federation. Biology of Sport, 35(4), 383–392. https://doi.org/https://doi.org/10.5114/biolsport.2018.78059

Mulhim, M. (2014). Perbandingan Pengaruh Pelatihan Senam Jantung Sehat Seri Ii Dan Senam Kesegaran Jasmani 2000 Terhadap Kebugaran Jasmani. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 13(2).

Nazirun, N., Gazali, N., & Fikri, M. (2020). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Penjakora, 6(2), 119. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20898

Nova, P., Gani, R. A., Julianti, R. R., Universitas, M., Karawang, S., Universitas, D., & Karawang, S. (2021). 952-Article Text-2592-1-10-20210930. 7(5), 292–300. https://doi.org/10.5281/zenodo.5541025

Pemdiansyah, Y., Gani, R. A., & Nasution, N. S. (2021). Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Pembelajaran Aktivitas akuatik. Jurnal Penjakora, 8(1), 34. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31186

Pratiwi, A. S. (2019). Hambatan Peserta Didik Kelas Atas Dalam Pembelajaran Senam di SD Negeri Godean 1 Tahun 2018/2019. PGSD Penjaskes, 8(3).

Rahman, I., Gani, R. A., & Achmad, I. Z. (2020). Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Tingkat Sma. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9, 144–154. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1898

Rozi, F. (2021). Pendidikan Jasmani Solusi Atasi Kecanduan Gadget. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.251

Somenada, I. W., Kanca, I. N., & Parwata, I. G. A. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Passing Bolavoli. Jurnal Penjakora, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/penjakora.v9i1.45860

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1–12.

Suharwati, S., & Sukoco, P. (2019). Faktor-Faktor Kemalasan Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran Senam Lantai di SD Negeri Mentel II Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. PGSD Penjaskes, 8(2).

Yakub, M., Gustiawati, R., & Setiawan, M. A. (2020). Implementasi Evaluasi Partisipatif Dalam Mengetahui Hasil Pembelajaran Senam Lantai Roll Depan pada Siswa SMP Negeri 2 Pebayuran. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3828

Downloads

Published

2023-04-12

Issue

Section

Articles