Faktor-Faktor Penghambat Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran Senam Lantai
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v10i1.56287Kata Kunci:
faktor penghambat, pembelajaran senam lantai, SMK Iptek SanggabuanaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran senam lantai di SMK Iptek Sanggabuana. Penelitian ini dilakukan di SMK Iptek Sanggabuana Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi, dengan beberapa tahapan berupa pengambilan data, reduksi data serta penyajian data. Uji validitas data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang menjadi penghambat siswa dalam mengikuti pembelajaran senam lantai di SMK Iptek Sanggabuana diantaranya karena (1) faktor internal: kecemasan karena takut cedera, kurangnya kepercayaan diri, badan yang kurang ideal serta merasa pegal-pegal, setelah melakukan gerakan senam lantai; (2) faktor eksternal: sarana dan prasarana yang kurang baik, pembelajaran di cuaca yang panas, kurangnya peserta didik memperhatikan guru saat pembelajaran dan peserta didik cenderung lebih suka olahraga permainan. Untuk itu diperlukan upaya untuk dapat mengembangkan metode atau model pembelajaran yang mampu mengurangi hambatan dalam pembelajaran.
Referensi
Albiro, M. C., Kurniawan, F., & Rahman, I. (2021). Analisis Tingkat Percaya Diri Siswa SMKN 1 Karawang Barat yang Mengikuti Pertandingan Futsal. JURNAL PENJAKORA, 8(2), 91–97.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (pp. 22--23). PT. Rineka Cipta.
Gunantara, A. Y., & Mawarti, S. (2018). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Meroda Pada Siswa Kelas V SD Negeri 6 Minomartani The Problem Identification Of The Cartwheel Learning In 5 Graders Of Sd Negeri 6 Minomartani. PGSD Penjaskes, 7(7).
Gustiawati, R., & Julianti, R. R. (2018). Pengaruh Model Pendidikan Gerak (Movement Education) Terhadap Hasil Penilaian Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan …. Jurnal Speed (Sport, Physical …, 2(November), 44–51. https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/1731
Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi Untuk Hasil Pembelajaran Senam Lantai. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8646
Hasan, S., Winarno, M. E., & Tomi, A. (2015). Pengembangan Model Permainan Gerak Dasar Lempar Untuk Siswa Kelas V Sdn Tawangargo 4 Karangploso Malang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 182–200.
Hasnidar, H., & Elihami, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Murid Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 42–47.
Khendri, Z. (2022). INNOVATIVE : Volume 2 Nomor 2 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pembelajaran Demonstrasi Pada Kelas XII IPA 4 SMAN 3. 2, 124–129.
Maulana, M., Ismaya, B., & Hidayat, A. S. (2020). Minat Siswi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam Lantai Sman 1 Cikampek. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 66–76. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3766
Mkaouer, B., Hammoudi-Nassib, S., Amara, S., & Chaabene, H. (2018). Evaluating the physical and basic gymnastics skills assessment for International Gymnastics Federation. Biology of Sport, 35(4), 383–392. https://doi.org/https://doi.org/10.5114/biolsport.2018.78059
Mulhim, M. (2014). Perbandingan Pengaruh Pelatihan Senam Jantung Sehat Seri Ii Dan Senam Kesegaran Jasmani 2000 Terhadap Kebugaran Jasmani. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 13(2).
Nazirun, N., Gazali, N., & Fikri, M. (2020). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Penjakora, 6(2), 119. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20898
Nova, P., Gani, R. A., Julianti, R. R., Universitas, M., Karawang, S., Universitas, D., & Karawang, S. (2021). 952-Article Text-2592-1-10-20210930. 7(5), 292–300. https://doi.org/10.5281/zenodo.5541025
Pemdiansyah, Y., Gani, R. A., & Nasution, N. S. (2021). Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Pembelajaran Aktivitas akuatik. Jurnal Penjakora, 8(1), 34. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31186
Pratiwi, A. S. (2019). Hambatan Peserta Didik Kelas Atas Dalam Pembelajaran Senam di SD Negeri Godean 1 Tahun 2018/2019. PGSD Penjaskes, 8(3).
Rahman, I., Gani, R. A., & Achmad, I. Z. (2020). Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Tingkat Sma. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9, 144–154. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1898
Rozi, F. (2021). Pendidikan Jasmani Solusi Atasi Kecanduan Gadget. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.251
Somenada, I. W., Kanca, I. N., & Parwata, I. G. A. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Passing Bolavoli. Jurnal Penjakora, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/penjakora.v9i1.45860
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1–12.
Suharwati, S., & Sukoco, P. (2019). Faktor-Faktor Kemalasan Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran Senam Lantai di SD Negeri Mentel II Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. PGSD Penjaskes, 8(2).
Yakub, M., Gustiawati, R., & Setiawan, M. A. (2020). Implementasi Evaluasi Partisipatif Dalam Mengetahui Hasil Pembelajaran Senam Lantai Roll Depan pada Siswa SMP Negeri 2 Pebayuran. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3828
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Abdul Zalil Ashidqy Abdul Zalil Ashidqy
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)