Penerapan Multimedia Interaktif Terhadap Minat Belajar Sepakbola
DOI:
https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v10i2.65860Keywords:
media pembelajaran, multimedia interaktif, minat belajar, sepakbolaAbstract
Sepakbola termasuk permainan bola besar yang sangat populer di seluruh dunia. Sepakbola memiliki berbagai keterampilan dasar, salah satunya adalah passing. Pada pembelajaran PJOK di sekolah para guru kurang memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran terbaru untuk memberikan materi kepada para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa dan (2) peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif. Sampel dari siswa kelas VIII H sejumlah 30 siswa. Metode penelitian yang dipakai yaitu pre-experimental design dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Design penelitian yang dipakai yaitu one grup pretest-postest design. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta angket. Hasil penelitian menunjukkan jika adanya pengaruh penerapan multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa kelas VIII H di SMP Negeri 30 Surabaya dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,025 < 0,05, serta terdapat peningkatan minat belajar siswa kelas VIII H di SMP Negeri 30 Surabaya dengan multimedia interaktif sebesar 7,453% setelah diberikan treatment.
References
Alim Irhamna, S. (2018). Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Perekonomian Masyarakat Sekitar Objek Wisata di Dieng Kabupaten Wonosobo. Economics Development Analysis Journal, 6(3), 320–327. https://doi.org/10.15294/edaj.v6i3.22277
Cahyaningtias, V. P., & Ridwan, M. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 55. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5727
Fitri Rahmawati, B. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67. https://doi.org/10.29408/fhs.v4i2.3135
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480
Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135
Jatmiko, D., Yunus, M., & Widiawati, P. (2021). Pengembangan Model Latihan Teknik Passing Sepak Bola Berbasis Modul Untuk SSB Kharisma Elang Muda Kota Malang. 3(11), 884–892. https://doi.org/10.17977/um062v3i112021p884-892
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.
Majid, W., Adi, S., & Dwiyogo, W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Pjok Materi Permainan Bola Basket Berbasis Multimedia Interaktif Pada Siswa Kelas XI. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 132–141. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj
Maksum. (2018). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. In Jawa Barat: CV Jejak.
Maulidia, T. R., & Ridwan, M. (2021). Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif terhadap sikap kritis pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 206–214. https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15686
Mesnan, M., Supriadi, A., & Siregar, I. (2019). Pengembangan Log Book Pembelajaran Sepak Bola Dengan Pendekatan Taktis. Jurnal Prestasi, 3(6), 68. https://doi.org/10.24114/jp.v3i6.15895
Munawar, A. Al, & Hendrawan, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Pembelajaran Sepak Bola. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(2), 67–74. https://doi.org/10.55081/jsbg.v7i2.15
Nurdin, Hamdhana, D., & Iqbal, M. (2018). Aplikasi Quick Count Pilkada Dengan Menggunakan Metode Random Sampling Berbasis Android. E-Journal Techsi Teknik Informasi, 10(1), 141–154. https://doi.org/10.29103/techsi.v10i1.622
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377
Safitri, E., Usra, M., & Yusfi, H. (2022). Peran Guru Penjaskes dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran PJOK. Jendela Olahraga, 7(1), 27–34. https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8835
Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, M., Maghfirah, F., Haryani, W., Wahyuningsih, T., Wardana, H., Sagita, A. D. N., Oktamarina, L., & Bakar, A. A. (2021). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 362–373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1353
Sumantri, A., & Neldi, H. (2019). Profil Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di SD Gugus 1 Kecamatan Bintan Timur. JPO Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 2(1), 160–164. jpdo@ppj.unp.ac.id
Wardana, C. R., Setiabudi, M. A., Candra, A. T., & Kesehatan, O. (2018). Pengaruh Latihan Small-Sided Games Terhadap Keterampilan Passing , Controlling dan Shooting Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMK Negeri 1 Tegalsari Kabupaten Banyuwangi. 3(November), 194–201.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Twiska Naufal Arsyah Ghiffari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)