Penerapan Multimedia Interaktif Terhadap Minat Belajar Sepakbola

Penulis

  • Twiska Naufal Arsyah Ghiffari Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Ridwan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v10i2.65860

Kata Kunci:

media pembelajaran, multimedia interaktif, minat belajar, sepakbola

Abstrak

Sepakbola termasuk permainan bola besar yang sangat populer di seluruh dunia. Sepakbola memiliki berbagai keterampilan dasar, salah satunya adalah passing. Pada pembelajaran PJOK di sekolah para guru kurang memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran terbaru untuk memberikan materi kepada para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa dan (2) peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif. Sampel dari siswa kelas VIII H sejumlah 30 siswa. Metode penelitian yang dipakai yaitu pre-experimental design dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Design penelitian yang dipakai yaitu one grup pretest-postest design. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta angket. Hasil penelitian menunjukkan jika adanya pengaruh penerapan multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa kelas VIII H di SMP Negeri 30 Surabaya dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,025 < 0,05, serta terdapat peningkatan minat belajar siswa kelas VIII H di SMP Negeri 30 Surabaya dengan multimedia interaktif sebesar 7,453% setelah diberikan treatment.

Referensi

Alim Irhamna, S. (2018). Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Perekonomian Masyarakat Sekitar Objek Wisata di Dieng Kabupaten Wonosobo. Economics Development Analysis Journal, 6(3), 320–327. https://doi.org/10.15294/edaj.v6i3.22277

Cahyaningtias, V. P., & Ridwan, M. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 55. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5727

Fitri Rahmawati, B. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67. https://doi.org/10.29408/fhs.v4i2.3135

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480

Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135

Jatmiko, D., Yunus, M., & Widiawati, P. (2021). Pengembangan Model Latihan Teknik Passing Sepak Bola Berbasis Modul Untuk SSB Kharisma Elang Muda Kota Malang. 3(11), 884–892. https://doi.org/10.17977/um062v3i112021p884-892

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.

Majid, W., Adi, S., & Dwiyogo, W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Pjok Materi Permainan Bola Basket Berbasis Multimedia Interaktif Pada Siswa Kelas XI. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 132–141. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj

Maksum. (2018). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. In Jawa Barat: CV Jejak.

Maulidia, T. R., & Ridwan, M. (2021). Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif terhadap sikap kritis pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 206–214. https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15686

Mesnan, M., Supriadi, A., & Siregar, I. (2019). Pengembangan Log Book Pembelajaran Sepak Bola Dengan Pendekatan Taktis. Jurnal Prestasi, 3(6), 68. https://doi.org/10.24114/jp.v3i6.15895

Munawar, A. Al, & Hendrawan, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Pembelajaran Sepak Bola. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(2), 67–74. https://doi.org/10.55081/jsbg.v7i2.15

Nurdin, Hamdhana, D., & Iqbal, M. (2018). Aplikasi Quick Count Pilkada Dengan Menggunakan Metode Random Sampling Berbasis Android. E-Journal Techsi Teknik Informasi, 10(1), 141–154. https://doi.org/10.29103/techsi.v10i1.622

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377

Safitri, E., Usra, M., & Yusfi, H. (2022). Peran Guru Penjaskes dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran PJOK. Jendela Olahraga, 7(1), 27–34. https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8835

Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, M., Maghfirah, F., Haryani, W., Wahyuningsih, T., Wardana, H., Sagita, A. D. N., Oktamarina, L., & Bakar, A. A. (2021). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 362–373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1353

Sumantri, A., & Neldi, H. (2019). Profil Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di SD Gugus 1 Kecamatan Bintan Timur. JPO Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 2(1), 160–164. jpdo@ppj.unp.ac.id

Wardana, C. R., Setiabudi, M. A., Candra, A. T., & Kesehatan, O. (2018). Pengaruh Latihan Small-Sided Games Terhadap Keterampilan Passing , Controlling dan Shooting Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMK Negeri 1 Tegalsari Kabupaten Banyuwangi. 3(November), 194–201.

Diterbitkan

2023-09-30

Terbitan

Bagian

Articles