Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani
DOI:
https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v10i2.66734Keywords:
Metode roleplaying, Hasil Belajar, Kebugaran JasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani melalui metode role playing. Peneliti menerapkan berupa penelitian tindakan kelas (PTK) dengan meneliti subjek siswa kelas IV SDN Manukan Wetan IV/616 Surabaya berjumlah 20 siswa dengan 9 putra dan 11 putri. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdapat 3 penilaian yakni penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan indikator penilaian yang telah ditentukan. Ketuntasan penilaian sikap siklus I sebesar 71 dan siklus II sebesar 80, ketuntasan penilaian pengetahuan siklus I sebesar 73 dan siklus II sebesar 86, dan pada penilaian keterampilan siklus I sebesar 75 dan pada siklus II sebesar 87. Jadi hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode roleplaying dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi kebugaran jasmani pada komponen kelentukan dan kelincahan. Peneliti menyarankan bagi guru dan peneliti selanjutnya harus memiliki banyak variasi ide permainan menarik yang akan diterapkan pada pembelajaran agar peserta didik antusias dan tidak jenuh sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
References
Alfiyah. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Understanding by Design di Sekolah Alam Depok terhadap Kesadaran Mentadabburi Ayat-Ayat Al-Quran. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, Volume 1(September), 19–28.
Amalia, D. (2022). Sport Science: Jurnal Sains Olahraga dan Pendidikan Jasmani. 22, 23–30.
Andriansyah, F, M., & Winarno, E, M. (2020). Hubungan Antara Kecepatan , Kelincahan dan Koordinasi dengan Keterampilan Dribbling Siswa Akademi Arema U-14. Sport Science and Health, 2(1), 12–23.
Basri, H. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Cimanggu Kecil Dalam Memahami Prosedur Aktivitas Daya Tahan Jantung Dan Paru Untuk Pengembangan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan Lompat Tali. Journal of Social Studies, Arts and Humanities (JSSAH), 1(01), 24–28. https://doi.org/10.33751/jssah.v1i01.3969
Cahyanti, F. D., & Hariyanto, E. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Passing Atas Bolavoli Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa SMK. Sport Science and Health, 3(3), 133–141. https://doi.org/10.17977/um062v3i32021p133-141
Ewan Irawan. (2019). Pengaruh Kelincahan , Kecepatan Gerak Dan Kelentukan Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive Pada Permainan Tenis Meja Siswa SMA Negeri 3 Maros. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2), 19–29. http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpo/article/view/324
Farhana, Husna, D. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Diklat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Lanjut Tingkat Nasional Bagi Guru Pamong Belajar, 9-10 Agustus 2008, 1–12. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/diklat PTK 2008.pdf. Diakses 02 April 2016
Hastuti, T. P., Widatiningsih, S., & Afifah, A. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Menstruasi dengan Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas V dan VI di SD Negeri Dangkel Parakan Temanggung Tahun 2014. Jurnal Kebidanan, 3(7), 16–23.
Ihsan, N. (2019). Pengaruh Metode Bermain Dan Metode Latihan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Penjasorkes). Jurnal Penjakora, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/17352
Lestari, R. P. (2020). Upaya Meningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Olahraga Kebugaran Jasmani (Kelincahan/Agility) Melalui Penerapan …. Widyasari-Press.Com, 35–42. https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2022/01/6.-Rakhmatun-Puji-Lestari-Meningkatan-Aktivitas-dan-Hasil-Belajar-Melalui-Penerapan-Permainan-Model-Roulette.pdf
Maryati. (2014). Pelaksanaan Permainan Tradisional dalam Mendukung Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini di Kelompok Bermain (KB) Alam Uswatun Khasanah, Kronggahan, Gamping, Sleman. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.
Mubaligin, H., Candra, A. T., & R, L. I. (2018). UPAYA PENINGKATAN HASIL LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN METODE BERMAIN LOMPAT DAN LONCAT LINGKARAN BERJENJANG KELAS VII MTs NEGERI 11 BANYUWANGI. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 3(1), 162–171. https://doi.org/10.36526/kejaora.v3i1.205
Muhajir. (2021). Modul Ajar PJOK SMA/MA Fase E Kelas X.
Muslimin, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Keterampilan Permainan Sepak Bola PJOK Melalui Penerapan Model Role Playing Siswa Kelas VI SD Inpres Padaelo Kabupaten Barru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 341–349. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.344
Rahmansyah, F., Nurhasan, N., & Tuasikal, A. R. S. (2021). Development of Teaching Materials Theme 1 Growth and Development of Living Life in Combinations of Basic Locomotors through Role Playing Activities. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education, 4(Vol 4 No 4 (2021) : November), 1193–1205. http://www.bircu-journal.com/index.php/birle/article/view/2758
Roberto, J., Kurniawan, R., Rangkuti, Y. A., Prof, J., Thayeb, S., Lama, L., & Langsa, K. (2023). Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani pada Komponen Kecepatan dan Kelincahan Melalui Permainan pada Siswa Kelas XI IPA 5. 3(2), 101–112.
Rubiyatno, R., & Suharjana, S. (2013). Model Pembelajaran Penjas Melalui Permainan Untuk Pembentukan Karakter Kerja Sama, Tanggung Jawab Dan Kejujuran Siswa Sd. Jurnal Keolahragaan, 1(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.2572
Saleh, D. (2017). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar STRATEGI, MODEL, MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1 nomor 2b, 141–153.
Silaban. (2013). PENGARUH PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN GERAK DASAR SISWA KELAS III SD NEGERI 105385 KOTASAN KECAMATAN GALANG KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Digital Repository.
Sukardi. (2019). Penerapan Metode Role …. 6948, 80–87.
Syafriadi, S., Lalu Sapta Wijaya Kusuma, & Rusdiana Yusuf. (2021). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK. Reflection Journal, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.487
Wardika, I. N. (2019). Penerapan Permainan Tradisional untuk mengatasi kejenuhan Belajar PJOK. Journal of Education Action Research, 3(3), 231. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17377
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Miftahul Jannah Miftahul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)