Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani

Authors

  • Miftahul Jannah Universitas Negeri Surabaya
  • Taufiq Hidayat Universitas Negeri Surabaya
  • Nasikin SDN Manukan Wetan IV/616 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v10i2.66734

Keywords:

Metode roleplaying, Hasil Belajar, Kebugaran Jasmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani melalui metode role playing. Peneliti menerapkan berupa penelitian tindakan kelas (PTK) dengan meneliti subjek siswa kelas IV SDN Manukan Wetan IV/616 Surabaya berjumlah 20 siswa dengan 9 putra dan 11 putri. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdapat 3 penilaian yakni penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan indikator penilaian yang telah ditentukan. Ketuntasan penilaian sikap siklus I sebesar 71 dan siklus II sebesar 80, ketuntasan penilaian pengetahuan  siklus I sebesar 73 dan siklus II sebesar 86, dan pada penilaian keterampilan siklus I sebesar 75 dan pada siklus II sebesar 87. Jadi hasil penelitian membuktikan  bahwa penerapan metode roleplaying dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi kebugaran jasmani pada komponen kelentukan dan kelincahan. Peneliti menyarankan bagi guru dan peneliti selanjutnya harus memiliki banyak variasi ide permainan menarik yang akan diterapkan pada pembelajaran agar peserta didik antusias dan tidak jenuh sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

References

Alfiyah. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Understanding by Design di Sekolah Alam Depok terhadap Kesadaran Mentadabburi Ayat-Ayat Al-Quran. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, Volume 1(September), 19–28.

Amalia, D. (2022). Sport Science: Jurnal Sains Olahraga dan Pendidikan Jasmani. 22, 23–30.

Andriansyah, F, M., & Winarno, E, M. (2020). Hubungan Antara Kecepatan , Kelincahan dan Koordinasi dengan Keterampilan Dribbling Siswa Akademi Arema U-14. Sport Science and Health, 2(1), 12–23.

Basri, H. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Cimanggu Kecil Dalam Memahami Prosedur Aktivitas Daya Tahan Jantung Dan Paru Untuk Pengembangan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan Lompat Tali. Journal of Social Studies, Arts and Humanities (JSSAH), 1(01), 24–28. https://doi.org/10.33751/jssah.v1i01.3969

Cahyanti, F. D., & Hariyanto, E. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Passing Atas Bolavoli Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa SMK. Sport Science and Health, 3(3), 133–141. https://doi.org/10.17977/um062v3i32021p133-141

Ewan Irawan. (2019). Pengaruh Kelincahan , Kecepatan Gerak Dan Kelentukan Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive Pada Permainan Tenis Meja Siswa SMA Negeri 3 Maros. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2), 19–29. http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpo/article/view/324

Farhana, Husna, D. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Diklat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Lanjut Tingkat Nasional Bagi Guru Pamong Belajar, 9-10 Agustus 2008, 1–12. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/diklat PTK 2008.pdf. Diakses 02 April 2016

Hastuti, T. P., Widatiningsih, S., & Afifah, A. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Menstruasi dengan Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas V dan VI di SD Negeri Dangkel Parakan Temanggung Tahun 2014. Jurnal Kebidanan, 3(7), 16–23.

Ihsan, N. (2019). Pengaruh Metode Bermain Dan Metode Latihan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Penjasorkes). Jurnal Penjakora, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/17352

Lestari, R. P. (2020). Upaya Meningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Olahraga Kebugaran Jasmani (Kelincahan/Agility) Melalui Penerapan …. Widyasari-Press.Com, 35–42. https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2022/01/6.-Rakhmatun-Puji-Lestari-Meningkatan-Aktivitas-dan-Hasil-Belajar-Melalui-Penerapan-Permainan-Model-Roulette.pdf

Maryati. (2014). Pelaksanaan Permainan Tradisional dalam Mendukung Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini di Kelompok Bermain (KB) Alam Uswatun Khasanah, Kronggahan, Gamping, Sleman. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.

Mubaligin, H., Candra, A. T., & R, L. I. (2018). UPAYA PENINGKATAN HASIL LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN METODE BERMAIN LOMPAT DAN LONCAT LINGKARAN BERJENJANG KELAS VII MTs NEGERI 11 BANYUWANGI. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 3(1), 162–171. https://doi.org/10.36526/kejaora.v3i1.205

Muhajir. (2021). Modul Ajar PJOK SMA/MA Fase E Kelas X.

Muslimin, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Keterampilan Permainan Sepak Bola PJOK Melalui Penerapan Model Role Playing Siswa Kelas VI SD Inpres Padaelo Kabupaten Barru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 341–349. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.344

Rahmansyah, F., Nurhasan, N., & Tuasikal, A. R. S. (2021). Development of Teaching Materials Theme 1 Growth and Development of Living Life in Combinations of Basic Locomotors through Role Playing Activities. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education, 4(Vol 4 No 4 (2021) : November), 1193–1205. http://www.bircu-journal.com/index.php/birle/article/view/2758

Roberto, J., Kurniawan, R., Rangkuti, Y. A., Prof, J., Thayeb, S., Lama, L., & Langsa, K. (2023). Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani pada Komponen Kecepatan dan Kelincahan Melalui Permainan pada Siswa Kelas XI IPA 5. 3(2), 101–112.

Rubiyatno, R., & Suharjana, S. (2013). Model Pembelajaran Penjas Melalui Permainan Untuk Pembentukan Karakter Kerja Sama, Tanggung Jawab Dan Kejujuran Siswa Sd. Jurnal Keolahragaan, 1(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.2572

Saleh, D. (2017). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar STRATEGI, MODEL, MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1 nomor 2b, 141–153.

Silaban. (2013). PENGARUH PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN GERAK DASAR SISWA KELAS III SD NEGERI 105385 KOTASAN KECAMATAN GALANG KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Digital Repository.

Sukardi. (2019). Penerapan Metode Role …. 6948, 80–87.

Syafriadi, S., Lalu Sapta Wijaya Kusuma, & Rusdiana Yusuf. (2021). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK. Reflection Journal, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.487

Wardika, I. N. (2019). Penerapan Permainan Tradisional untuk mengatasi kejenuhan Belajar PJOK. Journal of Education Action Research, 3(3), 231. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17377

Downloads

Published

2023-09-30