DETERMINASI FAKTOR KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN HASIL BELAJAR ASUHAN PERSALINAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i2.17252Keywords:
kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, asuhanAbstract
Mata Kuliah Asuhan Persalinan merupakan salah satu mata kuliah utama dalam kurikulum pendidikan bidan. Pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut dapat memberikan pelayanan kepada ibu bersalin secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual terhadap hasil belajar asuhan persalinan pada mahasiswa semester VI Akademi Kebidanan Provinsi Bali yang berjumlah 95 orang.
Hasil penelitian didapatkan; (1) perhitungan regresi sederhana antara X1 dengan Y didapatkan nilai F= 14,458 adalah signifikan dengan kontribusi (R2) = 13.5%; (2) X2 dengan Y didapatkan nilai F= 12,4 adalah signifikan dengan kontribusi (R2) = 11,8 %; (3) X3 dengan Y didapatkan nilai F=11,629 adalah signifikan dengan kontribusi (R2) = 11,1 %; (4) perhitungan regresi ganda X1,X2,X3 dengan Y didapatkan nilai F=10,789 adalah signifikan dengan kontribusi (R2) = 26,2 %. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara faktor kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual dengan Hasil Belajar Asuhan Persalinan baik secara terpisah maupun bersama-sama. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar proses pembelajaran memperhatikan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual sebagai faktor yang dapat menunjang hasil belajar asuhan persalinan.
Kata-kata kunci: kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, asuhan
References
Anastasi, A, dan Urbina, S. 1997. Tes Psikologi (Psichological Testing), PT Prehanllindo. Jakarta.
Aunurrahman. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Ketujuh. Alfabeta. Bandung
Berman, M, Developing SQ (Spiritual Intelligence) Throught ELT, http://www.eltnesletter.com, 12 Juni 2005
Candiasa,M. 2004. Statistik Multivariat dilengkapi Aplikasi dengan SPSS. Unit Penerbitan IKIP Singaraja
Eysenck, HJ, and Kamin, L, 1981 Intelligence : The Batle For tHe Mind, Pan Book, London dan Sydney
Goleman Daniel. 2001. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Alih Bahasa Alex Tri Kantjono Widodo.Working with Emotional Intelligence.PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Gottman, DeClaire. 2003.Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional.Alih Bahasa T.Hermaya. The Heart of Parenting.Jakarta
Hoffman, E, 2002, Psychological Testing At Work, Mc Graw Hill, New York
Kerlinger, Fred N. 1990. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Terjemahan Landung L Simatupang. Foundation of Behavioral Research. 1973. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.
Koyan,W.2007. Statistik Terapan (Teknik Analisis Data Kuantitatif).Buku Ajar.Universitas Pendidikan Ganesha.Singaraja
Meyer, J. 2000. EQ dan Kesuksesan Kerja, http://www.e-psikologi.com. 12 Desember 2004
Pusdiknakes Depkes RI. 2003. Garis Besar Program Pengajaran Pendidikan Bidan. Jakarta
Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Cetakan ketujuh. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Zohar, D, Marshal, I. 2000, SQ ( Spiritual Intelligence) Blomzburry Publishing, London.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)