Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMP di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v9i1.46546Keywords:
kebugaran jasmani, siswa SMP, pandemiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani pada peserta didik SMP se kecamatan Golewa di masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan teknik tes, yakni dengan melakukan pengukuran menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia Usia 13-15 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik dari lima sekolah menengah pertama di wilayah kecamatan Golewa yang berjumlah sekitar 400 peserta didik kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik dari setiap sekolah yang berjumlah 40 orang kelas VIII, sehingga total sampel sebanyak 200 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil tes kesegaran jasmani indonesia yang terdiri yg terdiri dari 5 item tes yaitu lari 50 meter, gantung angkat tubuh, baring duduk 60 detik, loncat tegak, lari 1000 meter. Metode pengolahan menggunakan statistic deskriptif yang diolah menggunakan komputerisasi berbantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak 24 peserta didik atau 12 % berkategori baik, 140 peserta didk atau 70 % berkategori sedang dan 36 peserta didik atau 18 % berkategori kurang menunjukan kebugaran jasmani. Hasil ini pula menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani pada peserta didik SMP Se Kecamatan Golewa berada pada kategori sedang.
References
Abduh, I., Humaedi, H., & Agusman, M. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Siswa. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 5(2), 75–82. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p75-82
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara.
Corbin, C. B., & Lindsey, R. (2007). Fitness for Life Updated Fifth Edition. Human Kinetics.
Hasibuan, R., & Siregar, S. W. (2017). Kontribusi Kesegaran Jasmani Terhadap Produktivitas Kerja Guru-Guru Smp Negeri 1 Kutalimbaru. Kesehatan Dan Olahraga, 1(2), 43–51. https://doi.org/10.24114/ko.v1i2.12890
Karatte, M. A. S. (2020). Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Penjas Siswa Sma Negeri 3 Luwu. Universitas Negeri Makassar.
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Tes Kesegaran Jasmani Indonesia. Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani.
Krissanthy, A., Kurniawan, F., & Resita, C. (2020). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Siswa di SMAN 9 Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1). https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3923
Kristiyanti, H. (n.d.). Dampak Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Pada Kelas IIII di Sekolah Dasar. In 2021. Universitas Jambi.
Lengkana, A. S., & Muhtar, T. (2021). Pembelajaran Kebugaran Jasmani. CV Salam Insan Mulia.
Ma’arif, I., & Prasetiyo, R. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3451–3456.
Maksum, A. (2017). Metodologi penelitian dalam olahraga. Unesa University Press.
Natal, Y. . (2020). Kebijakan pemerintah tentang penyediaan sarana dan prasarana olahraga pendidikan di SMP Negeri sekecamatan Bajawa. Ejurnal Imedtech- Instructional Media, Design and Technology, 4(1), 22–36. https://doi.org/10.38048/imedtech.v4i1.222.
Ningrum, D. N. A., & Adrianto, E. H. (2010). Hubungan antara Tingkat Kesegaran Jasmani dan Status Gizi dengan Produktivitas Kerja. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), 25353.
Nurhasan. (2012). Tips Praktis Menjaga Kebugaran Jasmani. Abil Pustaka.
Presiden Republik Indonesia. (2007). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/45.pdf
Suharjana. (2013). Kebugaran Jasmani. Jogja Global Media.
Suherman, A., Ginanjar, A., Juliantine, T., & Hidayat, Y. (2019). Sports Orientation During Learning Team Or Individual Sports Using A Sport Education Model. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(2), 377–386. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24021
Suleyman, Y. (2012). Instruments for measuring service quality in sport and physical activity services. Coll. Antropol, 36(2), 689–696.
Syamsul, R. S., Ferawati, & Kurnia, R. (2022). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani di Masa New Normal Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batuputih Kab. Kolaka Utara. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(1), 36–49.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yanuarius Ricardus Natal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)