Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions Terhadap Passing Permainan Bola Voli Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v9i2.52399Keywords:
student teams-achievemenet divisions, passing bola voli, pendidikan jasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan ingin menguji pengaruh model pembelajaran STAD terhadap passing dalam permainan bola voli. Metode penelitian di dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Sampel di dalam penelitian ini sebanyak 24 orang siswa SMP kelas VIII di salah satu SMP di Kabupaten Indramayu. Instrumen penelitian dengan tes passing bawah dan tes passing atas. Teknik analisis data dengan menggunakan paired sample t test. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap passing dalam permainan bola voli. Agar melakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan berbagai cabang olahraga dan instrumen tes yang sesuai dengan tingkatan siswa agar penelitian ini lebih dapat digeneralisasikan dan juga lebih kepada pencapaian aspek afektif siswa dengan menggunakan Cooperative Learning (CL) khususnya model pembelajaran STAD pada siswa SMP.
References
Adib, W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Teknik Tendangan Depan Pencak Silat. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 22–29.
Ardinata, I. K. R., Wahjoedi, & Dartini, N. P. D. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Penjakora, 5(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i1.14477
Asri, A., & Haeril. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad ( Student Team Achievement Division ) Terhadap Kemapuan Dasar Senam Rhytmik. Jendela Olahraga, 6(1), 89–97. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6938
Barrett, T. (2005). Effects of cooperative learning on the performance of sixth-grade physical education students. Journal of Teaching in Physical Education, 24(1), 88–102. https://doi.org/10.1123/jtpe.24.1.88
Fitriyanto, H., Sudiana, I. K., & Wijaya, M. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Bola Basket. Jurnal Penjakora, 7(1), 57–68. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24441
Ginanjar, A. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
Ginanjar, A. (2021). Statistika Terapan Dalam Pendidikan Jasmani & Olahraga: Aplikasi Microsoft Excel & SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Ginanjar, A. (2022). Implementasi Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Perkembangan Penelitian Di Indonesia (1st ed.). Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani dan Olahraga STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
Ginanjar, A., Kharisma, Y., Ramadhan, R., & Effendy, F. (2021). Mengetahui, Mengenal, Mempraktikkan, dan Merancang Sport Education Menggunakan Cabang Olahraga Bola Voli. Yogyakarta: Deepublish. https://doi.org/10.4324/9780203807156
Ginanjar, A., Ramadhan, R., Adib, W., & Effendy, F. (2021). Differences between STAD Learning Model and DI Learning Model on Pencak Silat Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 6(2), 217–223. https://doi.org/10.17509/jpjo.v6i2.35500
Hanansyah, A., & Ginanjar, A. (2019). Improvement Of Basketball Learning Results Using Group Investigation Learning Model. JUARA : Jurnal Olahraga, 4(2), 90–98. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.543 Info
Handayani, A. (2012). Sumbangan Passing Bawah, Passing Atas dan Servis Atas Terhadap Kemampuan Bermain Bolavoli Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bolavolismp Negeri 1 Karangkobar Tahun 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kharisma, Y. (2019). Belajar, Bermain, dan Melatih Bolavoli. Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
Metzler, M. W. (2000). Intructional Models for Physical Education. Massachusetts: Allyn and Bacon.
Metzler, M. W. (2005). Instructional Models for Physical Education (2nd ed.). Scottsdale,Arizona: Holcomb Hathaway.
Metzler, M. W. (2017). Instructional Models for Physical Education (3rd ed.). New York: Routledge.
Permendikbud No. 68. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pridani, I., Insanistyo, B., Arwin, & Defliyanto. (2018). Meningkatkan Keterampilan Lay Up Permainan Bola Basket Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievments Divisions (STAD) Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah. KINESTETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 226–232. https://doi.org/10.33369/jk.v2i2.8745
Suardika, I. K., & Setiawan, G. H. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Menendang Sepakbola. Jurnal Penjakora, 6(1), 50–56. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17346
Supriyanto, Ginanjar, A., & Efendy, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Division Terhadap Teknik Dasar Passing Sepakbola. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 46–51.
Susila, G. H. A., Setiawan, G. H., & Artha, I. K. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berlandasan Tat Twam Asi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Penjakora, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17345
Syafruddin, M. A., & Herman. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kecerdasan Emosi Siswa SMK N 2 Somba OPU Kabupaten Gowa. Jendela Olahraga, 6(1), 97–105. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6889
Tama, I. G. S., Artanayasa, I. W., & Satyawan, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. Jurnal Penjakora, 6(1), 35–41. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17641
Wadudu, H., Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Lari Cepat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 8–16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Agi Ginanjar, Kharisma Yudhi , Wahyudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)