Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Smash Kedeng Dalam Permainan Sepak Takraw
DOI:
https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v10i2.65575Keywords:
media, video tutorial, smash, sepak takrawAbstract
Minimnya media ajar seperti video pembelajaran, menghambat kemampuan mahasiswa dalam mengikuti petunjuk tujuan latihan, mengganggu proses pembelajaran, dan mempengaruhi hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video tutorial teknik smash kedeng dalam permainan sepak takraw. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 2 prodi Penjaskesrek FOK Undiksh. Hasil validasi produk dari ahli materi menunjukkan skor 96% kategori sangat baik, ahli pembelajaran sebesar 94,67% kategori sangat baik dan ahli media sebesar 100% kategori sangat baik. Hasil ujicoba kelompok kecil memperoleh nilai 92% dan ujicoba kelompok besar sebesar 96,45% kategori sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis video tutorial teknik dasar smash kedeng dalam permainan sepak takraw dapat dijadikan salah satu alternatif bagi pengajar dalam memilih media pembelajaran.
References
Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056
Adisasongko, N. (2019). Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi pada Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKR SMK. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2019, 829–834. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/674
Arsyad, A., & Rahman, A. (2015). Media Pembelajaran. Bab Ii Kajian Teori, 1, 23–35. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=968536#
Artyhadewa, M. S. (2017). Pengembangan Model Permainan Sepak Takraw sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani bagi Anak SD Kelas Atas. Jurnal Keolahragaan, 5 (1).
Hita, A., Shifa, A. F. A., & Gumelar, M. R. M. (2021). Peningkatan Pembelajaran Melalui Media Pembelajaran Video Animasi untuk Sekolah Dasar. Inovasi Kurikulum, 18(1), 115–127. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.42680
Ismail, S. R. J., Mulyanto, A., & Olii, S. (2022). Pengembangan Media Video Tutorial Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Materi Struktur Percabangan pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar. Journal of Information Technology Education, 2(1), 37–43. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
Pasanea, M. R. H., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2015). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Flip Chart Pada Anak Kelompok B1 Tk Ikal Widya Kumara. PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/paud.v3i1.5001
Rosen, A., Trauer, T., Hadzi-Pavlovic, D., Parker, G., Patton, J. R., Cronin, M. E., Bassett, D. S., Koppel, A. E., Zimpher, N. L., Thurlings, M., Evers, A. T., Vermeulen, M., Obanya, P., Avsec, S., Nurzarina Amran, Liu, S. H., Petko, D., Aesaert, K., Van Braak, J., … Brown, N. (2015). PENGARUH variasi latihan terhadap keterampilan passing atas dalam permainan bola voli (eksperimen pada siswa ekstrakurikuler bola voli smp negeri 7 kota tasikmalaya). Teaching and Teacher Education, 12(1), 1–17. https://shorturl.at/sCDFG
Sidan, I. D. K .W., Semarayasa, I. K., & Gunarto, P. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Kura dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11 (1).
Sucipto, B., Sugiyanto., & Sugihartono, T. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sepak Sila Melalui Variasi Latihan Berpasangan Pada Permainan Sepak Takraw Siswa Kelas V Sd Negeri 18 Kota Bengkulu. KINESTETIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1 (1).
Suparman, S., Ilham, I., & Indriyani, I. (2022). Pengembangan Video Tutorial Sepak Sila Pada Pembelajaran Sepak Takraw Siswa Sekolah Dasar. JMPIS, 3(2).
Suprayitno. (2018). Hasil Belajar Sepak Sila Permainan Sepak Takraw (Studi Ekperimen tentang Pengaruh Gaya Mengajar Dan Kemampuan Motorik pada Mahasiswa PJKR FIK Unimed). Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17 (1).
Suwiwa, I. G., Santyasa, I. W., Kirna I. M. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Pencak Silat. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Ganesha, 4(1). https://media.neliti.com/media/publications/207163-pengembangan-multimedia-interaktif-pembe.pdf
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andi Andi Setiawan, I Ketut Semarayasa I Ketut Semarayasa, I Komang Sukarata Adnyana I Komang Sukarata Adnyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)