PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SD INPRES BTN IKIP II MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v3i2.11733Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PAKEM penjas terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa SD Inpres BTN IKIP II Makassar. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres BTN IKIP II Makassar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental, dan menggunakan randomized group pretest posttest design. Variabel bebas yaitu model pembelajaran PAKEM penjas dan model pembelajaran konvensional penjas, selanjutnya variabel terikat adalah kebugaran jasmani siswa. Sampel berjumlah 48 orang yang terdiri dari 2 (dua) kelompok atau kelas, kelompok/kelas A 24 siswa dan kelompok/kelas B 24 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 12 kali pertemuan. Data penelitian dikumpulkan dengan tes kebugaran jasmani dengan menggunakan tes TKJI. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. pada taraf nyata α = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pembelajaran PAKEM penjasorkes memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa, ( to = 11,73> t tabel 0,05 = 2,07). 2) Model pembelajaran konvensional penjasorkes tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa,(to = 1,94 < t tabel 0,05 = 2,07). 3) Model pembelajaran PAKEM penjasorkes dan model pembelajaran konvensional penjasorkes memberikan perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa,(to= 2,89> t tabel 0,05 = 1,68).Referensi
Tiro, Muhammad Arif. 2001. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Makassar State University Press.
Gallahue, L. David, and Ozmun C. John. 2006. Understanding Motor Development Infants, Childrens, Adolescents, Adults, Sixth Edition. Boston: McGraw-Hill.
Kantor Menpora. 1999. Panduan Teknis Tes dan Latihan Kesegaran Jasmani. Jakarta: PPPITOR.
Lutan, Rusli., J. Hartono, dan Tomoliyus. 2002. Pendidikan Kebugaran Jasmani: Orientasi Pembinaan di Sepanjang Hayat. Jakarta: Depdiknas-Ditjora.
Malobulu, Syarifudin., Abdi Rahmat., Taga Radja Gah. 2011. Olahraga dan Pendidikan Jasmani dalam Wajah Keutuhan NKRI, Jakarta: PT. Ardadizya Jaya.
Pribadi A. Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Sharkey, B.J. 2003. Fitness and Health. Alih bahasa Kebugaran dan Kesehatan. oleh: Eri Desmarini Nasution. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suharjana. 2004. Kebugaran Jasmani. Buku Pegangan Kuliah Mahasiswa FIK-UNY. Yogyakarta: FIK-UNY.
Suryabrata, Sumadi. 2014 Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Wahjoedi. Kebugaran Jasmani Siswa SD. Jurnal Dedaktik Vol. 9 No. 2 Mei 2008. http://okeeducation.blogspot.com/2008/10/hakikat-kebugaran-jasmani.html (Diakses tanggal 27 Januari 2011).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)