Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pendidikan Jasmani pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Siswa Kelas IV

Penulis

  • Nur Azis Rohmansyah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v4i2.13364

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena adanya data siswa yang kurang memahami dan menguasai tentang konsep pendidikan jasmani. Permasalahan dalam penelitian ini tentang bagaimana pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep pendidikan jasmani pada pembelajaran tematik terintegrasi siswa kelas IV. Tujuan yang harus dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menentukan apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep pendidikan jasmani pada pembelajaran tematik terintegrasi siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas IV SDN Lamper Pandean 05 Semarang. Sampel yang diambil 72 siswa dengan menggunakan sampel jenuh. Data ini diperoleh melalui post-test instrumen penelitian pertanyaan dalam bentuk narasi. Desain penelitian yang digunakan menggunakan posttest-kontrol. Berdasarkan analisis data penelitian, saat mendapatkan perlakuan model pembelajaran problem based learning, siswa menunjukkan hasil yang positif dan berdampak signifikan pada kemampuan siswa dalam memahami konsep pendidikan jasmani. Hasil koefisien uji-T adalah 5.973 dan meningkat 5%. Terdapat perbedaan besar pada rata-rata nilai percobaan di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan didapatkan data nilai rata rata kelompok eksperimen lebih tinggi 82.944 daripada kelompok kontrol 69.583. Disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep pendidikan jasmani pada pembelajaran tematik terintegrasi siswa kelas IV. Saran yang dapat dikemukakan adalah guru harus bisa untuk memberikan bahan dengan melibatkan siswa secara aktif, sehingga siswa dapat memanfaatkan ilmu dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata-kata kunci   : pembelajaran problem based learning, pemahaman pendidikan jasmani, tematik terintegrasi..

Referensi

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

_________________. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Heruman. 2013. Model Pembelajaran Pendidikan jasmani di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: GhaliaIndonesia.

Sudjana. 2002 . Metode Statistika . Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Warsono, dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Diterbitkan

2018-02-21

Terbitan

Bagian

Articles