KORELASI ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK, SUPERVISI GURU PENDAMPING, DAN SARANA PRASARANA DENGAN KINERJA GURU PENJASORKES SMA DI KABUPATEN PEKALONGAN

Penulis

  • Pandu Kresnapati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i1.14494

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan korelasi antara kompetensi pengetahuan pedagogik, supervisi guru pendamping, dan sarana prasarana dengan kinerja guru penjasorkes SMA di Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan korelasional. Hasil penelitian 1) korelasi antara kompetensi pengetahuan pedagogik dengan kinerja nilai R=0,324, 2) korelasi antara supervisi guru pendamping  dengan kinerja nilai R=0,451, 3) korelasi antara sarana prasarana dengan kinerja nilai R=0,406, 4) korelasi antara kompetensi pengetahuan pedagogik dan supervisi guru pendamping dengan kinerja nilai R=0,451, 5) korelasi antara kompetensi pengetahuan pedagogik dan sarana prasarana dengan kinerja R=0,406, 6) korelasi antara supervisi guru pendamping dan sarana prasarana  dengan kinerja R =0,510, dan 7) korelasi antara kompetensi pengetahuan pedagogik, supervisi guru pendamping dan sarana prasarana dengan kinerja nilai R =0,574. Simpulan dari penelitian ini adalah ada korelasi positif antara kompetensi pengetahuan pedagogik, supervisi guru pendamping, dan sarana prasarana dengan kinerja guru penjasorkes SMA di Kabupaten Pekalongan. Diharapkan kepada guru penjas lebih meningkatkan kemampuan kompetensi pengetahuan pedagogik, pihak sekolah meningkatkan pengadaan sarana prasarana penunjang pembelajaran, dan dinas pendidikan untuk sering mengadakan program supervisi guru pendamping.

Kata-Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Sarana dan Prasarana Penjas

Referensi

Bafadal, Ibrahim. 2004. Peningkatan Profesionalisme Guru SD. Jakarta : PT. Bineka Cipta.

Mulyasa,E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sahertian, Piet A. 2000. Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukirman, Hartati, dkk. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alpha Beta.

Suryobroto, Agus.S.2004. Sarana dan Prasarana Penjas. Yogyakarta : FIK UNY

Yusrizal. 2008. Peningkatan Kinerja Guru Eksak Paska Penerimaan Tunjangan Sertifikasi. Banda Aceh: Universitas Syah.

-------. 2007: Permendiknas No 41 Tahun 2007.

Diterbitkan

2018-07-05

Terbitan

Bagian

Articles