PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar senam lantai. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experiment dengan rancangan “treatment by level” dengan dua ketegori 2x2. Sampel penelitian berjumlah 48 orang dipilih berdasarkan kategori minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis varian (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar senam lantai pada siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif jigsaw dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan 9,092 > 2,014, 2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar senam lantai dengan 164,229 > 2,014, 3) Terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar senam lantai (jigsaw dan konvensional) dengan kelompok siswa yang memiliki minat belajar tinggi yang nilai signifikansi differentnya = 9,141 > 2,063 dan 4) Terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar senam lantai (jigsaw dan konvensional) dengan kelompok siswa yang memiliki minat belajar rendah yang nilai signifikansi = 4,949 > 2,063.
Simpulan dari penelitian ini: : 1) hasil belajar senam lantai pada siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar senam lantai, 3) Untuk siswa yang memiliki minat belajar tinggi, hasil belajar senam lantai siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan 4) Untuk siswa yang memiliki minat belajar rendah, hasil belajar senam lantai menggunakan model pembelajaran konvensional lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw.
Referensi
Acep Haryudin&Ningtyas Orilina Argawati (2018). “Lesson Study To Improve Student English Grammar Mastery Using Jigsaw Technique To The Third Semester Students Of Ikip Siliwangi. Indonesian EFL Journal, Vol. 4(1) January 2018 p-ISSN 2252-7427, e-ISSN 2541-3635
Artana, Ari (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Di Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2014/2015. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 5 Tahun 2015)
Astiti, Ni Wayan. 2017. Pengaruh Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Stad Dan Motivasi Prestasi Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vii Smpnegeri 2 Semarapura. Tesis, PPS Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, 2012. Metode penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Diah Noviana. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Jigsaw dengan NHT di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 6 No 2 2018.
Kemdikbud. (2013). Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud
Ningtyas Orilina Argawati (2018). “Lesson Study To Improve Student English Grammar Mastery Using Jigsaw Technique To The Third Semester Students Of Ikip Siliwangi. Indonesian EFL Journal, Vol. 4(1) January 2018 p-ISSN 2252-7427, e-ISSN 2541-363
Rosdiani, Dini. 2013. Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Sadiyah, Halimatu (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VI Sekolah Dasar Gugus V Citeureup-Bogor Jawa Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Suparno, 2009. Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pencapaian Kompetensi Belajar Terhadap Pencapaian Kompetensi Belajar IPA di Sekolah Dasar ditinjau dari Minat Belajar. UNS-Pascasarjana Prodi.Teknologi Pendidikan-S810108032-2009
Swadesi, I. K. I., Wahjoedi, H., Sudiana, I. K., & Dharmadi, M. A. 2019. Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran bagi Guru-guru SMA PJOK Se-Bali. In Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 4, pp. 924-932).
Zainal Mustamin (2016). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Edisi Oktober 2016
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)