PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24587Kata Kunci:
Pengembangan, Model, Pembelajaran Passing Bawah BolavoliAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran passing bawah bolavoli bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rogojampi - Banyuwangi sehingga bisa membuat peserta didik lebih senang, aktif, kreatif, dan termotivasi untuk bermain bolavoli. Produk yang diharapkan adalah buku panduan model pembelajaran passing bawah bolavoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan memodifikasi langkah-langkah penelitian yang sesuai dengan kondisi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk ahli dan siswa. Dengan kualifikasi 2 pelatih bolavoli dan 1 guru pendidikan jasmani, dan untuk ujicoba digunakan kelompok kecil 10 siswa dan kelompok besar 15 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyebutkan bahwa hasil evaluasi ketiga ahli adalah 90,22%, sedangkan hasil evaluasi uji tahap I (uji kelompok kecil) dan uji tahap II (uji kelompok besar) adalah 83,33%. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan data yang dikumpulkan dari ahli bolavoli, ahli pembelajaran dan siswa saat uji coba tahap I dan ujicoba tahap II dan memperhatikan hasil analisa data yang telah dilakukan, maka semua model pembelajaran layak dan dapat digunakan.
Referensi
Akbar Sa’dun. 2006. Dasar – dasar Teori Pengembangan Pembelajaran:.. ……………
Ardhana,2002. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan
Depdiknas. 2005. Pembelajaran Aspek Permainan dan Olahraga Bolavoli. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas
Depdikas. 2004. Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 . Bandung : Fokus Media
Joyce. B dan Weil.M. 2000. Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon
Ngatiyono . 2004. Pendidikan Jasmani. Solo : Tiga Serangkai.
PBVSI, 1995. Pelatihan Bola voli . Jakarta : PP PBVSI
Sudjana, N. 1990. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosaa Karya.
Suherman Adang. 2001. Assesmen Belajar Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.
Sukmadinata. N.S. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Tamat Trisnowati & Moekarto, 2006, Pendidkan Jasmani dan Kesehatan, Universitas Terbuka, Jakarta.
Toto Subroto & Yunyun Yudiana, 2010, Modul Permainan Bolavoli, FPOK Universitas Pendidikan Indonesia
Winarno, ME. 2011.Metodolgi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang : Media Cakrawala Utama Press
Winarno, ME. 2006. Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani.dan Olahraga, Malang : Universitas Negeri Malang
Winarno, ME. 2006. Perspektif Pendidikan Jasmani.dan Olahraga, Malang : Universitas Negeri Malang
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)