PERMAINAN GERAK DASAR LOKOMOTOR UNTUK ANAK TUNAGRAHITA SEDANG

Penulis

  • M Haris Satria Universitas Bina Darma
  • Made Agus Wijaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24696

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan permainan gerak dasar lokomotor untuk anak tunagrahita sedang.penelitian ini merupakan  penelitian dan pengembangan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang dari tiga SD SLB C di Kota Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan gerak dasar lokomotor untuk anak tunagrahita sedang dapat diaplikasikan akan tetapi dengan intruksi penuh serta pendampingan lebih. Hasil uji efektifitas juga menunjukkan bahwa model ini efektif yang dilihat dari hasil  t _ (hitung) = 17.50 > t _ (tabel) = 2,028 sehingga terima Ha dengan Signifikan. Saran dari penelitian ini yaitu para guru/pelatih dapat menggunakan model ini baik dalam pembelajaran maupun latihan akan tetapi dengan pendampingan.

 

Referensi

Borg, W.R. & Gall, M.D. 2007., Educational Research An Introduction. Longman New, York.

Indah, Yuniar Utari. 2015. Upaya Meningkatkan Gerak Dasar Lokomotor Anak Tunagrahita Ringan Melalui Permainan Tradisional (Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Mulya Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3 (2), 279-282.

Kemis dan Ati, Rosnawati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta Timur : PT. Luxima Metro Media.

Kenneth, R. Ginsburg. 2007. American Journal Academy of Pediatric, Vol. 119 No. 1, 1 Januari 2007. 182-191

Magil, A. Richard. 2011. Motor Learning and Control Concepts and Application (9thed). New York: McGraw-Hill.

Rachmayan, Dadan. 2013. Diantara Pendidikan Luar Biasa Menuju Anak Masa Depan Yang Inklusif. Jakarta Timur : Luxima.

Somantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Refika Aditama.

Diterbitkan

2020-05-14

Terbitan

Bagian

Articles