Modul Pembelajaran PJOK Tematik Teritegratif Sub Tema Aku Istimewa untuk Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30560Kata Kunci:
PJOK, pembelajaran tematik, modul pembelajaranAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) tematik terintegratif Subtema “Aku Istimewa” untuk peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar di Kecamatan Buleleng. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan desain pengembangan menggunakan model Borg & Gall sampai pada pengembangan produk yang divalidasi oleh ahli. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SD di Kecamatan Buleleng. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan mencari persentase validasi produk. Hasil penelitian menunjukkan, uji validasi produk oleh ahli isi dengan persentase 90,58% berada pada kualifikasi sangat baik, sedangkan dari ahli media pembelajaran memperoleh presentase 93,3% berada pada kualifikasi sangat baik sehingga produk layak untuk diujicobakan. Hasil uji lapangan persiapan yang dilakukan di SDN 5 Jineng Dalem dan SDN 1 Penglatan memperoleh rata-rata persentase 92,12% dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini menunjukkan modul yang dikembangkan layak digunakan dan memerlukan studi lanjut untuk ujicoba lapangan dan uji efektifitas.Referensi
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta.
Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational Research: An introduction. Longman Publishing.
Giartama, G., Hartati, H., Destriani, D., & Victoriand, A. R. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Penjasorkes pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Sebatik, 22(2), 167–171.
Hidayatullah, M. F., & Kristiyanto, A. (2014). Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani (Penelitian Pengembangan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar). Indonesian Journal of Sports Science, 1(1), 218350.
Husdarta, H. J. . (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Alfabeta.
Jiwa, I. W., Dantes, N., & Marhaeni, A. (2013). Pengaruh implementasi pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi Belajar pada siswa kelas iv gugus empat Di kecamatan gianyar. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 3(1).
Kawuryan, S. P., Hastuti, W. S., & Supartinah, S. (2018). The Influence of Traditional Games-Based and Scientific Approach-Oriented Thematic Learning Model Toward Creative Thinking Ability. Cakrawala Pendidikan, 1, 237921.
Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 124–142. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2221
Lubis, M. A. (2018). Pembelajaran Tematik di SD/MI: Pengembangan Kurikulum 2013. Samudra Biru.
Nurhasan. (2005). Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani (Bersatu Membangun Manusia yang Sehat Jasmani dan Rohani). Unesa University Press.
Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 93. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7039
Putra, N. (2012). Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu pengantar. In Jakarta: Rajawali Pers. Rajawali Pers.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.
Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Prestasi Pustaka.
Widyaningrum, R. (2012). Model Pembelajaran Tematik di MI/SD. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 107–120.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)