Analisis Tingkat Percaya Diri Siswa SMKN 1 Karawang Barat yang Mengikuti Pertandingan Futsal

Penulis

  • Mochammad Chafid Albiro Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Febi Kurniawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Irfan Rahman

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i2.34709

Kata Kunci:

Pendidikan Jasmani, Percaya Diri, Futsal

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil analisis percaya diri siswa yang mengikuti pertandingan Futsal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anggota ekstrakurikuler futsal putra di SMKN 1 di Kabupaten Karawang dengan jumlah responden 19 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode discovery. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, angket dalam penelitian ini berbentuk skala likert. Hasil penelitian tersebut diketahui Tingkat Percaya Diri Siswa SMKN 1 Karawang Yang Mengikuti Pertandingan Futsal menyatakan pada kategori sangat baik dengan persentase 11%, pada kategori baik dengan persentase 47%, pada kategori cukup baik dengan persentase 11%, pada kategori kurang baik dengan persentase 32 %, dan pada kategori sangat kurang baik dengan persentase 0%. Bedasarkan dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Tingkat Percaya Diri Siswa SMKN 1 Karawang terdapat hasil dalam kategori cukup baik dengan persentase 47%. Dalam kesimpulan tersebut terdapat saran yaitu pelatih terus meningkatkan dalam latihan dan memotivasi siswa agar dapat selalu bersemangat dalam latihan serta meningkatkan mental siswa yang meningikuti pertandingan futsal.

Referensi

Agustina, A. T., & Priambodo, A. (2017). Hubungan Antara Tingkat Konsentrasi Terhadap Hasil Ketepatan Shooting Olahraga Petanque Pada Peserta Unesa Petanque Club. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 391–395.

Arham, S. (2019). Kontribusi Kekuatan, Kecepatan, Kelincahan Dan Percaya Diri Terhadap Keterampilan Teknik Pada Permainan Futsal. Exercise : Journal of Physical Education and Sport, 1(1), 10–24. https://doi.org/10.37289/exercise.v1i1.20

Arifin, Z., & Widodo, A. (2012). Kondisi Mental Siswa Putra Satu Hari Sebelum Menghadapi Pertandingan Futsal Antar SMA Se Sidoarjo. Journal Kesehatan Olahraga, 01(03), 1–5.

Ashadi, K. (2014). Implementasi Fisiologi Olahraga pada Olahraga Prestasi. Hotel Horison Ultima Jl Green Boulevard, 65125(2), 59–70. www.healthyperformance.co.uk,

Dimyati, A. (2016). Keterampilan Jumping Service: Hubungan Antara Daya Ledak Otot Lengan, Koordinasi Mata-Tangan, Dan Rasa Percaya Diri. 4(November), 219–230.

Fajri, M. (2016). Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungka, Kecepatan Lari, dan Percaya Diri Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pada Siswa Ekstrakurikuler Futsal SMP Daar El Salam. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2, 139–156.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1. https://doi.org/10.29210/02017182

Hardi, V. J., Budiman, A., & Riyadi, I. (2020). Tingkat percaya diri atlet panahan Cimahi Mandiri Archery Club. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(2), 221–227.

Jumadin, & Syahputra, R. (2019). Analisis Olahraga Prestasi Yang Dapat Di Unggulkan Kabupaten Langkat. Jurnal Kesehatan Dan Olahraga, 3(1), 10–19.

Misra, J. (2021). A Study On The Relationship Between Self- Concept and Self- Confidence Level Of Adolescent Students. 58, 8404–8406. https://doi.org/https://doi.org/10.17762/pae.v58i2.3481

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Sepriadi, arsil, A. D. . (2018). Pengaruh Interval Training Terhadap Kemampuan Daya Tahan Aerobik Pemain Futsal. Jurnal Penjakora, 5(2), 121–127. https://ejournal.undiksha.ac.id/Index.Php/Penjakora/Article/View/17288/10379

Siekanska, M., & Wojtowicz, A. (2020). Impulsive athlete as a self-regulated learner. Can self-confidence and a positive social attitude change a developmental inhibitor into a growth catalyst? Journal of Physical Education and Sport, 20(2), 623–629. https://doi.org/10.7752/jpes.2020.02091

Sin, T. H. (2017). Tingkat Percaya Diri Atlet Sepak Bola dalam Menghadapi Pertandingan. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 163. https://doi.org/10.26638/jfk.414.2099

Sin, T. H., & Hudayani, F. (2019). Efektifitas metode belajar renang dengan bantuan teman untuk meningkatkan kepercayaan diri atlit. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3(3), 168–173. https://doi.org/10.24036/4.33355

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistiyowati, & Indrawati, E. S. (2019). Hubungan antara dukungan teman sebaya dengan kepercayaan diri pada pemain futsal universitas diponegoro. Empati, 8(1), 21–26.

Utami, D. (2015). Peran Fisiologi Dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga Indonesia Menuju Sea Games. Journal Olahraga Prestasi, 22(2), 52–63.

Wintania, F. A., Mulyadiprana, A., & Ganda, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Dalam Meningkatkan Sikap Percaya Diri Pada Keragaman Budaya Indonesia. 8(1), 183–192.

Wirnantika, I., Pratama, B. A., & Hanief, Y. N. (2017). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV SDN Puhrubuh I dan MI Mambaul Hikam Di Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(2), 241–250.

Diterbitkan

2021-10-05

Terbitan

Bagian

Articles