Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Passing Bolavoli

Authors

  • I Wayan Somenada Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Kanca Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Lanang Parwata Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v9i1.45860

Keywords:

model pembelajaran, kooperatif STAD, motivasi beprestasi, passing, bolavoli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar passing bolavoli ditinjau dari motivasi berprestasi pada peserta didik kelas V di SDN 3 Banjar Jawa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi exsperimental dengan menggunakan desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 3 Banjar Jawa yang berjumlah 95 orang. Sampel dalam penelitian berjumlah 64 orang ini diambil dengan teknik simple random sampling yang kemudian dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing 32 orang. Analisis data menggunakan uji ANAVA 2 jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar passing bolavoli peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada yang mengikuti model pembelajaran langsung (Fhitung = 9,405 > Ftabel = 4,171) dan (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar passing bolavoli (Fhitung = 48,351 > Ftabel = 3,998). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar passing bolavoli. Motivasi berprestasi terbukti dapat mempengaruhi hasil belajar passing bolavoli disamping menerapkan model pembelajaran. Dalam meningkatkan hasil belajar passing bolavoli, penerapan model pembelajaran harus memperhatikan motivasi berprestasi peserta didik. Guru diharapkan dapat lebih inovatif menyusun dan menerapkan model pembelajaran sehingga dapat menimbulkan motivasi yang tinggi selama proses pembelajaran.

References

Adnyana, I. K. A. D., Wahjoedi, & Wijaya, I. M. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. E-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2).

Ajayati, T. (2017). The Learning Model of Forearm Passing In Volleyball for Junior High School. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 2(2), 218–223. https://doi.org/10.26737/jetl.v2i2.289

Anggraini, A. W., Tomi, A., & Sulistyorini. (2016). Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Menggunakan Latihan Bervariasi Pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang. Pendidikan Jasmani, 26(02), 365–380. https://doi.org/10.17977/pj.v26i2.7512

Fadlin. (2016). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA di Kota Bima. Edusince, 2(9), 11510.

Gunawan, Dlis, F., & Widiastuti. (2019). Effect of Interactive Multimedia Learning To Learn. Journal of Education, Health and Sport, 9(9), 263–270. https://doi.org/10.5281/zenodo.3402038

Herawati, A., Abduloh, A., & Resita, C. (2021). Motivasi Belajar Siswa dalam Meningkatkan Pembelajaran Bola Voli Passing Bawah di Kelas VIII SMPN 1 Pondoksalam Purwakarta. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4456

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Setiawan, B., & Iasha, V. (2020). Covid-19 Pandemic: the Influence of Full-Online Learning for Elementary School in Rural Areas. Jpsd, 6(2), 114–123.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Teori, riset, dan praktik. Nusa Media.

Stoetzel, L., & Shedrow, S. (2020). Coaching our coaches: How online learning can address the gap in preparing K-12 instructional coaches. Teaching and Teacher Education, 88, 102959. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102959

Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Innovation of Vocational Technology Education (INVOTEC), 11(1), 23–40. https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4836

Susila, G. H. A., Setiawan, G. H., & Artha, I. K. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berlandasan Tat Twam Asi Untuk Meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Penjakora, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17345

Syaleh, M. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Melalui Media Pembelajaran Lempar Pukul Bola Kertas Pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Prestasi, 1(1), 23–30. https://doi.org/10.24114/jp.v1i1.6494

Downloads

Published

2022-04-27

Issue

Section

Articles