Korelasi Keterampilan One Foot Balance Dengan Keterampilan Menendang Siswa Sekolah Menengah Atas Di Masa Pandemic Covid - 19.

Penulis

  • Okki sholehudin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nuryadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mudjihartono Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v10i2.60798

Kata Kunci:

one foot balance, keterampilan dasar, menendang, pjok

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan  antara keterampilan gerak dasar one foot balace (X) dengan keterampilan dasar menendang  (Y) siswa SMA di Kota Bandung pada masa pandemic covid – 19. Populasi dan sampel dilakukan terhadap 138 siswa SMA di Kota Bandung kelas X yang berusia 15-16 tahun. Data di observasi dengan instrumen yang dikembangkan oleh Gallahue. Penelitian ini menggunakan metode analisis korelasi dengan hasil nilai korelasi antara one foot balance dan keterampilan menendang yaitu 0,80 yang dimana hasil tersebut membuktikan bahwa keterampilan gerak dasar one foot balance memiliki hubungan yang kuat atau positif dengan keterampilan gerak dasar  menendang. Ketika siswa melakukan gerakan one foot balance dengan baik maka keterampilan menendang akan semakin bagus. Untuk itu latihan kesimbangan berdiri satu kaki sangatlah diperlukan untuk mengembangkan keterampilan menendang siswa. 

Referensi

Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan, 1991, 36. http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/196509091991021-BAMBANG_ABDULJABAR/Pengertian_Penjas.pdf

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803

Adityatama, F. (2017). Hubungan Power Otot Tungkai, Koordinasi Mata Kaki Dan Kekuatan Otot Perut Dengan Ketepatan Menembak Bola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(2), 82. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.37

Ariya Prasetiya Ibayu*, Sudirman Husin, A. S. (2018). Hubungan antara Keseimbangan dan Power Otot Tungkai dengan Hasil Tendangan Penalti. Energies, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Corbin, C. B. (2021). Conceptual physical education: A course for the future. Journal of Sport and Health Science, 10(3), 308–322. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2020.10.004

Dea M.S Kurniawan. (2021). T_POR_1707333_Chapter1.

Ded Putra, M. R. (n.d.). Kekuatan Otot Tungkai, Koordinasi Mata-Kaki dan Keseimbangan Berhubungan dengan Kemampuan Shooting Sepakbola. 749–761.

Firmansyah. (2016). Penerapan teori pembelajaran kognitif dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Jurnal Pendidikan, 5(2), 154–164.

Gallahue, D. L. (2012). David L. Gallahue - Developmental Physical Education for Today’s School Children-Brown & Benchmark Pub (1995).pdf (p. 48).

Hakim, A. R., Soegiyanto, & Soekardi. (2013). Pengaruh Usia Dan Latihan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Kelas Bawah Mampu Didik Sekolah Luar Biasa. Journal of Physical Education and Sports, 2(1), 201–204.

Hidayat, A. (2018). Pengaruh Daya Ledak Tungkai, Koordinasi Mata, Kaki dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Shooting Ke Gawang Pada Permainan Sepakbola Siswa SMA Negeri 14 Sinjai. Program Pascasarjana, 1–14.

Hills, A. P., Dengel, D. R., & Lubans, D. R. (2015). Supporting Public Health Priorities: Recommendations for Physical Education and Physical Activity Promotion in Schools. Progress in Cardiovascular Diseases, 57(4), 368–374. https://doi.org/10.1016/j.pcad.2014.09.010

Ipung Hari Adi, Moh. Agung Setiabudi, & Danang Ari Santoso. (2019). Perbandingan Kecepatan Dan Ketepatan Menendang Bola Dengan Menggunakan Awalan 1 Meter, 2 Meter, 3 Meter, 4 Meter. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 4(1), 12–15. https://doi.org/10.36526/kejaora.v4i1.616

Kristianto, Juliantine, & Nuryadi. (2020). Pengaruh Small Sided Games Terhadap Keterampilan Bermain Sepakbola Berdasarkan tingkat Motor Educability. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(1), 1–6.

Kristina, P. C. (2018). Hubungan Keseimbangan Dan Power Otot Tungkai Dengan Hasil Tendangan Penalti Pada Permainan Sepak Bola Siswa Sekolah Menengah Pertama. Seminar Nasional Pendidikan Universitas Pgri Palembang, 292–298. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1835/1704

López-Fernández, I., Burgueño, R., & Gil-Espinosa, F. J. (2021). High school physical education teachers’ perceptions of blended learning one year after the onset of the COVID-19 pandemic. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(21). https://doi.org/10.3390/ijerph182111146

MIFTAHUL RESKI PUTRA NASJUM. (2020). HAMBATAN GURU PJOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TINGKAT SMA SE-KOTA MAGELANG. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557–564. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344

Nugraha, L., Mahendra, A., & Herdiyana, I. (2018). Penerapan Model Pendidikan Gerak Dalam Pengembangan Pola Gerak Dasar Manipulatif Melalui Kerangka Analisis gerak (Movement Analysis Framework). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 24. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11935

Nurwiyandi, D. (2019). Pengaruh Latihan Shooting Terhadap Akurasi Tendangan Penalti Sepakbola. Journal of Physical Education and Sport Science, 1(1), 14–25.

Nuryadi, Drajat, J., Juliantine, T., Budiman, D., Slamet, S., & Gumelar, A. (2018). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Kemampuan. 3(229), 122–128.

Oktarifaldi, O., Syahputra, R., & Putri, L. P. (2019). Pengaruh Kelincahan, Koordinasi Dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Lokomotor Siswa Usia 7 Sampai 10 Tahun. Jurnal MensSana, 4(2), 190. https://doi.org/10.24036/jm.v4i2.117

Rahmat. (2017). Kontribusi Keseimbangan Dan Kelincahan Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Smp It Wahda Islamiah Makassar. 2, 1–16.

Ridwan, M. (2015). PENGARUH KESEIMBANGAN, KELINCAHAN DAN MOTIVASI BEROLAHRAGA TERHADAP KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI DI SMA NEGERI 1 PANGGARANGAN KABUPATEN LEBAK. 86–100.

Rosita, T., Hernawan, H., & Fachrezzy, F. (2019). Pengaruh Keseimbangan, Kekuatan Otot Tungkai, dan Koordinasi terhadap Ketepatan Shooting Futsal. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 4(2), 117–126. https://doi.org/10.17509/jtikor.v4i2.18991

Rozi, F., Rahma Safitri, S., Latifah, I., & Wulandari, D. (2021). Tiga Aspek dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 239. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3220

S, W., Agus, A., & Bafirman, B. (2019). Pengaruh Latihan Berjalan Di Atas Balok Kayu Terhadap Keseimbangan Dinamis. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 34. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.34-39

Salahuddin, M. (2018). < a 0,05). Kata Kunci : Daya Ledak Tungkai, Keseimbangan, Menendang Bola. 04, 60–72.

Setiati, S., & Azwar, M. K. (2020). COVID-19 and Indonesia. April.

Shigaki, L., Rabello, L. M., Camargo, M. Z., Santos, V. B. da C., Gil, A. W. de O., de Oliveira, M. R., da Silva, R. A., & Macedo, C. de S. G. (2013). Comparative analysis of one-foot balance in rhythmic gymnastics athletes. Revista Brasileira de Medicina Do Esporte, 19(2), 104–107. https://doi.org/10.1590/S1517-86922013000200006

Sujana, R., Muhtar, T., & Nuryadi, N. (2014). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTOR EDUCABILITY TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR DAN KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA Racmat Sujana, Tatang Muhtar, dan Nuryadi. Edusentris, 1(3), 260. https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i3.150

Sukardi. (2011). Implikasi kompetensi IT mahasiswa terhadap hasil pembelajaran di Perguruan Tinggi Vokasional Universitas Pendidikan Indonesia. 29–45. repository.upi.edu

Yani, A., & Sina, I. (2022). Pengaruh Latihan Fundamental Movement Skills (FMS) pada Anak dengan Gangguan Koordinasi Perkembangan (Dyspraxia). Physical Activity Journal, 4(1), 111. https://doi.org/10.20884/1.paju.2022.4.1.6940

Diterbitkan

2023-09-30

Terbitan

Bagian

Articles