Pengaruh Pelatihan Lateral Pulldowns dan Seated Rows Terhadap Kekuatan Otot Punggung

Penulis

  • Kadek Arry Anderzen STKIP Agama Hindu Singaraja
  • Gede Hendri Ari Susila STKIP Agama Hindu Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v10i2.68183

Kata Kunci:

lateral pulldowns, seated rows, kekuatan otot punggung

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh pemberian pelatihan lateral pulldowns terhadap kekuatan otot punggung; (2) pengaruh pemberian pelatihan seated rows terhadap kekuatan otot punggung; (3) perbedaan pengaruh antara pelatihan lateral pulldowns dan pelatihan seated rows terhadap kekuatan otot punggung. Sasaran penelitian ini adalah atlet panahan Pengkab PERPANI Buleleng dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 atlet putra yang terbagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang. Proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan pretest dan posttest tes kekuatan otot punggung dengan menggunakan bantuan alat back strenght dynamometer. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pemberian pelatihan lateral pulldowns berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kekuatan otot punggung sebesar 23,31%, (2) pemberian pelatihan seated rows berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kekuatan otot punggung sebesar 15,50%, dan (3) terdapat perbedaan signifikan pengaruh pelatihan kelompok lateral pulldowns, seated rows dan kontrol terhadap kekuatan otot punggung atlet panahan Pengkab PERPANI Buleleng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan lateral pulldowns memberikan hasil yang lebih baik (efektif) terhadap kekuatan otot punggung.

Referensi

Apriyanti, E. (2021). Teori Anatomi Tubuh (Hajrah Mansyur (ed.)). Jakarta: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Ma, A. W. W., & Qu, L. H. (2017). Effects of Karate Training on Basic Motor Abilities of Primary School Children. Advances in Physical Education, 07(02), 130–139.

Nyoman Dantes. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Andi.

Nyoman Dantes. (2021). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press .

Sapto Adi, S. K. M. (2020). Model-Model Exercise dan Aktivitas Fisik untuk Kebugaran Jasmani Anak SD. Pontianak: Pontianak Press.

Schumacker, R. E., & Lomax, R. G. (2016). A Beginner’s Guide To Structural Equation Modeling. Routledge.

Sportif, I. A.-M. K., & 2012, undefined. (2012). Tinjauan Filosop Tentang Makna Olahraga Dan Prestasi Olahraga. Digilib.Unimed.Ac.Id, 6(2), 87-89.

Suharjana. (2013). Kebugaran Jasmani. Jogja: Global Media.

Suharsimi Arikunto. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3 (Restu Damayanti (ed.); Ketiga). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukadiyanto & Dangsina. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Lubuk Agung.

Wasis D. Dwiyogo. (2009). Olahraga dan Pembangunan (Pertama). Jakarta: Wineka Media.

Zakaria, M., Rahmat, Z., Didi, D., & Pranata, Y. (2021). Hambatan Latihan Atlet Panahan Binaan Perpani Kota Banda Aceh dimasa Pandemi Covid-19. Jim.Bbg.Ac.Id, 2(2). 75-84.

Diterbitkan

2023-09-30

Terbitan

Bagian

Articles