Tingkat Kecemasan Siswa Terhadap Aktivitas Air Pembelajaran Renang Di Sekolah

Penulis

  • Guntur Ageng Auliawan Universitas singaperbangsa karawang
  • Bambang Ismaya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dikdik Fauzi Dermawan Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v11i2.82616

Kata Kunci:

kecemasan, pembelajaran, aktivitas air

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecemasan siswa kelas X dalam kegiatan pembelajaran aktivitas air materi renang di SMAN 2 Telukjambe Timur Kota Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Telukjambe Timur Kota Karawang sebanyak 130 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan kecemasan siswa kelas X SMAN 2 Telukjambe Timur menunjukan sebagian besar siswa mengalami kecemasan sedang sebanyak 101 siswa atau 77,7%, sedangkan sebagian kecil menunjukan kecemasan tinggi sebanyak 29 orang atau 23,3%. Jika dikategorikan sesuai dengan jenis kelamin maka diperoleh siswa laki-laki dengan kategori sedang sebanyak 39 orang atau 86,7% dan kategori tinggi sebanyak 6 orang atau 13,3%. Pada siswa perempuan dengan kategori sedang sebanyak 62 orang atau 72,9% dan kategori tinggi sebanyak 23 orang atau 27,1%.

Referensi

Abdillah, N. A., & Siantoro, G. (2021). PENGARUH LATIHAN MANDIRI (DEPTH JUMP) TERHADAP KECEPATAN DAN KELINCAHAN ATLET PUTRI UKM BOLATANGAN UNESA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(2), 109–114.

Al khawarizmi. (2022). Kecemasan & Serangan Panik.

Arifin, Z. (2012). Penelitian pendidikan: metode dan paradigma baru. Remaja Rosdakarya.

Darisman, E. K., Prasetiyo, R., & Bayu, W. I. (2021). Belajar psikologi olahraga sebuah teori dan aplikasi dalam olahraga. Jakad Media Publishing.

DATCU, F. R., PETRACOVSCHI, S. A., Eugen, B., & DOMOKOS, M. P. (2024). STUDY ON THE LINK BETWEEN SELF-ESTEEM AND TEAM IDENTITY AS MAJOR FACTORS IN TACKLING COMPETITIVE ANXIETY IN PERFORMANCE ATHLETES. Studia Universitatis Babeș-Bolyai Educatio Artis Gymnasticae, 75–86.

Fajar, P., & Aviani, Y. I. (2022). Hubungan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2186–2194.

Fauzi, A., & dkk. (2022). Metodologi Penelitian. In Suparyanto dan Rosad (2015.

Ismaya, B., & Dimyati, A. (2021). Survei Kecemasan Siswa Kelas X Terhadap Pembelajaran Renang Di Smk Telekomedika Kota Bogor. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 1(1), 14–21.

Mulyana, A., Pingkan, A. D., Yulianti, D., Luthfiatunnisa, F. F., Shidiqqa, Q. Q. A., Sabirah, R., & Azzahra, S. F. (2024). Manfaat Pembelajaran Renang untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak di Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3213–3221.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (ke-26). Alfabeta, cv.

Syarifah, A., & Juwita, A. (2023). Mengatasi Kecemasan dengan terapi hipnotis lima jari (Nasrudin. Moh (ed.)). Penerbit.Nem.

Widyachandra, C. E., & Satiadarma, M. P. (2024). GAMBARAN KECEMASAN OLAHRAGA ATLET CATUR PRIA DAN WANITA TERKAIT DENGAN ELO RATING. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 8(1), 25–35.

Winarno, Sudarsono, Trinovandhi Setyawan, Achmad Afandi, Ratno Susanto, & Sukardi. (2023). Minat Olahraga Renang Pada Siswa Kelas X. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(1), 21–26. https://doi.org/10.46838/spr.v4i1.289

Yunus, K., Abdul Gani, R., & Ratri Julianti, R. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Aktivitas Air. Jurnal Segar, 9(2), 69–78. https://doi.org/10.21009/segar/0802.02

Diterbitkan

2024-10-01

Terbitan

Bagian

Articles