DEVELOPING ENGLISH LEARNING MATERIALS FOR STUDENTS OF HOUSEKEEPING DEPARTMENT AT PPLP PANSOPHIA SINGARAJA

Ni Nyoman Manik Puspita, I Gede Budasi, Dewa Putu Ramendra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahan pembelajaran Bahasa Inggris untuk Tata Graha yang dibutuhkan oleh mahasiswa Tata Graha di PPLP Pansophia Singaraja, mendeskripsikan bagaimana bahan pembelajaran dikembangkan dan menganalisa kualitas bahan pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang disarankan oleh Hannafin dan Peck (2014) yang terdiri dari analisis kebutuhan, rancangan, dan pengembangan atau pengimplementasian dimana pada setiap tahapnya diikuti dengan tahap evaluasi dan revisi. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner, panduan wawancara, analisa dokumen dan daftar periksa. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada 12 topik yang perlu dikembangkan yaitu menyambut dan menyapa tamu, memperkenalkan diri dan orang lain, menjelaskan fasilitas hotel dan jasa, menjelaskan fasilitas kamar hotel, berurusan dengan permintaan tamu, menawarkan jasa laundry, memberikan arah di dalam bangunan hotel, memberikan arah ke objek wisata, berkomunikasi melalui telepon, menangani keluhan tentang tata graha, membuat surat lamaran dan daftar riwayat hidup, dan berurusan dengan wawancara kerja. Bahan pembelajaran yang dikembangkan mengikuti rancangan bahan English for Specific Purposes yang disarankan oleh Hutchinson dan Waters (2008) yang terdiri dari input, content focus, language focus dan task. Karena Bahasa Inggris untuk Tata Graha adalah bagian dari English for Specific Purposes yaitu Bahasa Inggris untuk tujuan pekerjaan, efektivitas bahan yang dikembangkan dievaluasi menggunakan kriteria bahan ESP baik yang disarankan oleh Litz (2005), Hutchinson dan Waters (2008), dan Tomlinson (2009). Tes validasi menunjukkan bahwa produk penelitian ini ada pada kategori baik yang berarti bahwa bahan pembelajaran tersebut dapat digunakan sebagai sumber utama untuk pembelajaran oleh calon staf tata graha di PPLP Pansophia Singaraja.


Kata kunci: Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris, Tata Graha


Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/prasi.v14i1.17891

Article Metrics

Abstract view : 633 times
PDF file view : 874 times PDF file view : 874 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/prasi.v14i1.17891.g10698

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/prasi.v14i1.17891.g10698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:


Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License

Jurnal Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan pengajarannya indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.