PROBLEMATIKA PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) DAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) PADA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNDIKSHA

Authors

  • Sang Ayu Putu Sriasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Kerti Nitiasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Adi Jayaputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Budasi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Dewa Gede Budi Utama Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v15i01.24801

Keywords:

Program Kreativitas Mahasiswa, Program Mahasiswa Wirausaha, soft skill

Abstract

ABSTRAK 

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) bertujuan untuk mengembangkan kemampuan soft skill dan aspek afektif, kognitif, dan psikomotor para mahasiswa. Program ini memberikan manfaat bagi para mahasiswa dan institusi. Banyak upaya telah dilakukan oleh Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas PKM dan PMW. Namun dari data yang ada, kuantitas dan kualitasnya yang ada hingga saat ini masih sangat kurang. Dalam penelitian ini, penyebab kekurangan PKM dan PMW di FBS Undiksha diselidiki. Metode ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery, and Evaluations) diterapkan dari data yang diperoleh melalui metode wawancara dari 91 siswa FBS Undiksha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada penyebab utama partisipasi dialami oleh para mahasiswa ketika bergabung dengan PKM dan PMW. Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh para mahasiswa, seperti kesulitan dalam mendapatkan informasi tentang PKM dan PMW, pengumuman program yang mendadak, kesulitan dalam mendapatkan ide dan menulis, kesulitan dalam mendapatkan dosen pembimbing, dan kesulitan untuk menemukan tim.

Kata-kata kuci: Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), soft skill.

 

ABSTRACT 

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) and Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), or student creativity program and student entrepreneurship program are to develop soft skills and student aspects such as affective, cognitive, and psychomotor. The program provides benefits for both students and institutions. A lot of efforts have been conducted by Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) in increasing the quantity and quality of PKM and PMW. However, the quantity and quality are still a deficiency. In this study, the deficiency causes of the PKM and PMW in FBS Undiksha was investigated. The ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery, and Evaluations) was applied from the obtained data through the interview method from 91 students of FBS Undiksha. The results showed that the primary cause of deficiency was experienced by the students when joining the PKM and PMW. There were several obstacles encountered by students, such as the difficulty in getting information about PKM and PMW, the sudden announcement of the program, the stress in getting ideas and writing, the stress in getting the supervisors, and the difficulty to find the teams.

Keywords: student creativity program, student entrepreneurship program, soft skills

References

Apandi, Idris. (2018). Langkah Praktis Melakukan Penilaian Hots dalam Kompasiana. https://www.kompasiana.com/idrisapandi/5bedad11c112fe184b36be28/la. Diunduh 19 Mei 2020

Branch, Robert Maribe. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springer.

Dikti. (2018). Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa 2018.

https://belmawa.ristekdikti.go.id/wp/Pedoman-PKM-2018.pdf. Diakses pada 10 Februari 2019.

Putra, Anggara Pramana, dkk. (2018). Program Kreativitas Mahasiswa dan Implikasinyadalam Upaya Sustainable Empowerment. Jurnal: Ranah Research. Vol.1. No.1:18.

Undiksha. (2015). Rancangan Strategis (Renstra). Singaraja: Undiksha Press.

Widjajanti, Kesi. (2011). Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Volume 12, No.1, Juni 2011: hal. 15-27

Downloads

Published

2020-06-15

Issue

Section

Articles