IMPLEMENTASI EUFEMISME DALAM BERITA UTAMA SURAT KABAR TEMPO SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMP

Authors

  • Rahma Eka Septiana Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Laili Etika Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v16i01.34100

Keywords:

eufemisme, berita utama, surat kabar, Tempo, bahan ajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi eufemisme dalam berita utama surat kabar Tempo sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak dan catat. Teknik simak dilakukan dengan cara menyimak teks berita yang terdapat dalam surat kabar Tempo dan teknik catat dilakukan dengan cara mencatat kata-kata atau kalimat-kalimat yang termasuk dalam penggunaan eufemisme dalam berita utama surat kabar Tempo. Hasil penelitian ini adalah penggunaan  eufemisme dalam berita utama surat kabar Tempo dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia materi teks berita kelas VIII. Hal ini dapat dilihat bahwa di dalam berita utama surat kabar Tempo memiliki kelengkapan unsur-unsur teks berita. Penggunaan eufemisme dalam teks berita berperan sebagai pembentuk moral baik kepada peserta didik sekolah menengah pertama karena memberikan dampak positif untuk perkembangan wawasan.

 

References

Aisyah, dkk. 2020. “Bahan Ajar sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Salaka, 2 (1): 62-65.

Alwi, Hasan. 2011. Butir-butir Perencanaan Bahasa, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Badelah, dkk. 2019. “Tindak Tutur Kesantunan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sakra: Tinjauan Pragmatik”. Lingua, 16 (2): 219-234.

Delisnawati, dkk. 2019. “Kemampuan Menentukan Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka. Jurnal BASTRA (Bahasa dan Sastra), 4(4): 559-570.

Febrianjaya, Abdan Syakur, et. al. 2013. “Penggunaan Eufemisme dan Disfemisme Pada Tajuk Rencana Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran”. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 1 (6): 1-8.

Hidayat, Arif. 2011. “Pembelajaran Menulis Teks Berita”. INSANIA, 16(3): 283-293.

Hidayatullah, dkk. 2018. “Korelasi Menyimak Berita dengan Keterampilan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(4): 44-51.

Kurniasari, Arisya Sinta, dan Laili Etika Rahmawati. 2019. Keakuratan Teks Berita pada Materi Ajar Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas VIII di SMP N 3 Polanharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Murniasih, Sugi. 2017. “Pengembangan Model Bahan Ajar Menulis Berita Berbasis Koran Linggau Pos Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sumber Rejo”. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya), 1(1): 12-31.

Narimawati, Umi. 2008. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media

Pendari, Vonny Julia, dan Amril Amir. 2019. “Diksi dalam Teks Berita Kelas VIII SMP Negeri 6 Pariaman”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3): 455-460.

Putri, Devi Yanti Sari. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Teknik Pelatihan Terbimbing pada Siswa Kelas VIII F SMPN 11 Pontianak. Cakrawala Linguista, 3(2): 90-97.

Rimayanti, Ade Ina, dan Jaja. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita media Massa Cetak. Jurnal Tuturan, 7(2): 857-862.

Sagala, Liani Hasnita Ulfa Br. 2020. “Kajian Eufemisme dan Disfemisme pada Komentar Para Netizen dalam Youtube Berita Kumparan.com (Edisi Menko Polhukam Wiranto Ditusuk Orang di Pandeglang”. Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Setiawaty, R. & Wahyudi, B. (2018). “Bentuk dan Fungsi Eufemisme dalam Komentar Akun Facebook Presiden Joko Widodo Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia”. The 7th University Research Colloqium 2018. STIKES PKU Muhammadiyah: Surakarta.

Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sukmawati, Diah, Agus Budi Wahyudi. 2018. Analisis Register dan Fungsi Bahasa dalam Teks Berita Koran Suara Merdeka Edisi April 2018 dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP Kelas VIII. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: Sukabina Press Padang.

Downloads

Published

2021-06-17

Issue

Section

Articles