IMPLEMENTASI EUFEMISME DALAM BERITA UTAMA SURAT KABAR TEMPO SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v16i01.34100Keywords:
eufemisme, berita utama, surat kabar, Tempo, bahan ajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi eufemisme dalam berita utama surat kabar Tempo sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak dan catat. Teknik simak dilakukan dengan cara menyimak teks berita yang terdapat dalam surat kabar Tempo dan teknik catat dilakukan dengan cara mencatat kata-kata atau kalimat-kalimat yang termasuk dalam penggunaan eufemisme dalam berita utama surat kabar Tempo. Hasil penelitian ini adalah penggunaan eufemisme dalam berita utama surat kabar Tempo dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia materi teks berita kelas VIII. Hal ini dapat dilihat bahwa di dalam berita utama surat kabar Tempo memiliki kelengkapan unsur-unsur teks berita. Penggunaan eufemisme dalam teks berita berperan sebagai pembentuk moral baik kepada peserta didik sekolah menengah pertama karena memberikan dampak positif untuk perkembangan wawasan.
References
Aisyah, dkk. 2020. “Bahan Ajar sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Salaka, 2 (1): 62-65.
Alwi, Hasan. 2011. Butir-butir Perencanaan Bahasa, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Badelah, dkk. 2019. “Tindak Tutur Kesantunan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sakra: Tinjauan Pragmatik”. Lingua, 16 (2): 219-234.
Delisnawati, dkk. 2019. “Kemampuan Menentukan Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka. Jurnal BASTRA (Bahasa dan Sastra), 4(4): 559-570.
Febrianjaya, Abdan Syakur, et. al. 2013. “Penggunaan Eufemisme dan Disfemisme Pada Tajuk Rencana Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran”. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 1 (6): 1-8.
Hidayat, Arif. 2011. “Pembelajaran Menulis Teks Berita”. INSANIA, 16(3): 283-293.
Hidayatullah, dkk. 2018. “Korelasi Menyimak Berita dengan Keterampilan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(4): 44-51.
Kurniasari, Arisya Sinta, dan Laili Etika Rahmawati. 2019. Keakuratan Teks Berita pada Materi Ajar Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas VIII di SMP N 3 Polanharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Murniasih, Sugi. 2017. “Pengembangan Model Bahan Ajar Menulis Berita Berbasis Koran Linggau Pos Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sumber Rejo”. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya), 1(1): 12-31.
Narimawati, Umi. 2008. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media
Pendari, Vonny Julia, dan Amril Amir. 2019. “Diksi dalam Teks Berita Kelas VIII SMP Negeri 6 Pariaman”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3): 455-460.
Putri, Devi Yanti Sari. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Teknik Pelatihan Terbimbing pada Siswa Kelas VIII F SMPN 11 Pontianak. Cakrawala Linguista, 3(2): 90-97.
Rimayanti, Ade Ina, dan Jaja. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita media Massa Cetak. Jurnal Tuturan, 7(2): 857-862.
Sagala, Liani Hasnita Ulfa Br. 2020. “Kajian Eufemisme dan Disfemisme pada Komentar Para Netizen dalam Youtube Berita Kumparan.com (Edisi Menko Polhukam Wiranto Ditusuk Orang di Pandeglang”. Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Setiawaty, R. & Wahyudi, B. (2018). “Bentuk dan Fungsi Eufemisme dalam Komentar Akun Facebook Presiden Joko Widodo Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia”. The 7th University Research Colloqium 2018. STIKES PKU Muhammadiyah: Surakarta.
Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sukmawati, Diah, Agus Budi Wahyudi. 2018. Analisis Register dan Fungsi Bahasa dalam Teks Berita Koran Suara Merdeka Edisi April 2018 dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP Kelas VIII. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: Sukabina Press Padang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)