PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU CAIR DALAM KEMASAN SIAP MINUM MEREK ULTRA MILK DI KABUPATEN BADUNG (Studi Pada Konsumen Ultra Milk di Kabupaten Badung – Bali)

Debora Angelina Halawa, Luh Komang Candra Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah brand image dan kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian susu cair dalam kemasan siap minum merek Ultra Milk di Kabupaten Badung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan atas tujuan dan pertimbangan tertentu dengan kriteria konsumen yang sedang membeli susu Ultra Milk di warung, toko, atau swalayan  yang ada di Kabupaten Badung dan usia konsumen minimal 17 tahun. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi Y= 0,775 + 0,705 X1 + 0,292 X2, yang artinya apabila brand image naik sebesar satu satuan, maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,705 satuan. Dan apabila kualitas produk naik sebesar satu satuan, maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,292 satuan. Pengujian hipotesis pertama menunjukkan hasil bahwa koefisien regresi X1 (b1): thitung (7,448) > ttabel (1,661). Dan pengujian hipotesis kedua menunjukkan hasil bahwa koefisien regresi X2 (b2): thitung (4,477) > ttabel (1,661).  Hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian susu cair dalam kemasan siap minum merek Ultra Milk di Kabupaten Badung. Implikasi bagi PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk sebagai produsen Ultra Milk adalah agar senantiasa mempertahankan dan meningkatkan brand image serta kualitas produk sehingga keputusan pembelian konsumen dapat terjaga dengan baik, dan juga mengevaluasi kualitas produk yang memiliki pengaruh lebih kecil dibandingkan dengan brand image.

Kata Kunci: brand image, kualitas produk, keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Algifari. Analisis Regresi. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Gunawan, Hendra. 2012. PT Ultrajaya Kuasai Pasar Susu Cair di Indonesia. m.tribunnews.com/bisnis/2012/12/06/ultrajaya-kuasai-pasar-susu-cair. Diakses pada 24 November 2016 pk.19.00 WITA.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-12 Jilid 1&2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk. 2016. Selamat Datang di PT. Ultrajaya. www.ultrajaya.co.id. Diakses pada 24 November 2016 pk.15.00 WITA.

Setiadi, Nugroho J. 2010. Edisi Revisi: Perilaku Konsumen. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Setiyono, Ivonne Veronica. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Jazz. Skripsi Universitas Katolik Soegijapranata. Semarang.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Yogyakarta: CV. Alfabeta.

Sulistyawati, Praba. 2011. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer di Kota Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.

Supriyadi, dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Penguuna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang. Jurnal Bisnis dan Manajemen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang.

Suryani, Ni Putu Diah Noviari. 2016. Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instant Supermie di Kota Madya Denpasar. Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Triatma Mulya. Bali.

Tjiptono, Fandy. 2008. Brand Mangement and Strategy. Yogyakarta: Andi Offset.

Top Brand Index. www.topbrand-award.com. Diakses pada 24 Novemeber 2016 pk.14.00 WITA.

Virawan, Wayan Adi. 2013. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Pengguna Helm Merek INK). Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan dan Layanan Kebidanan indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan dan Layanan Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.