PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SEPATU MEREK NIKE DI SINGARAJA FUTSAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/pjmb.v1i2.23152Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra merek dan harga terhadap loyalitas pelanggan, baik secara simultan maupun secara parsial. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Metode yang digunakan adalah metode Survey. Subjek dalam penelitian ini adalah Singaraja Futsal di Kota Singaraja dan objek dalam penelitian ini adalah citra merek, harga dan loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna sepatu merek Nike yang berada di Singaraja Futsal dengan melibatkan 70 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner, dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) citra merek dan harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (2) citra merekberpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan (3) harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan sepatu merek Nike di Singaraja Futsal.
Kata kunci : citra merek, harga, loyalitas pelangganReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aaker. David A., 2008, Strategic Market Management, Eight Edition, The Wiley Biicentennial-Knowledge for Generation.
Alif, 2016. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap
Loyalitas Konsumen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Surabaya
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
Kotler, Phillip. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta; Erlangga
Nela, Fransiska, dan Lukmanul Hakim. 2015. Analisis Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pengguna Smartphone Samsung di STIE Totalwin Semarang. Semarang: STIE Totalwin Semarang
Nelsen, Donant (2017)Penaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Loyalitas
Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan. Manajemen, Fakultas Bisnis Institute Teknologi dan Bisnis Kalbis, Jakarta.
Saladin, Djaslim. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi Keempat. Bandung : Linda Karya.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy, 2000. Manajemen Jasa, edisi kedua, Andi, Yogyakarta