PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE SERTA PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES DI BEI

Ni Luh Surpa Dewantari, Wayan Cipta, Gede Putu Agus Jana Susila

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal dan sumber data yang digunakan yaitu data sekunder. Subjek penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan objek dalam penelitian ini yaitu ukuran perusahaan, leverage, profitabiltas dan nilai perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen dan dianalisis dengan analisis regresi berganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) profitabilitas berpengaruh positif signfikan terhadap nilai

 

Kata kunci: leverage, nilai perusahaan, profitabilitas, ukuran perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Agnes, Sawir. 2004. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Bendriani, Mala. 2011. Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Kesempatan Investasi (IOS) Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. UNP.

Brigham, Eugene F dan Joel F. Houston. 2001. Manajemen Keuangan (Buku 1). Jakarta: Erlangga.

Brigham, Eugene F dan Joel F. Houston. 2001. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesepuluh Buku Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Darsono. 2006. Manajemen Keuangan Pendekatan Praktis. Jakarta: Diadit Media.

Darsono, Purwanti Arif. 2008. Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Mitra Wacana.

Dewi, Ayu Sri Mahatma dan Wirajaya, Ary. 2013. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4.2.

Husnan, Suad. 2009. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: AMP YKPN.

Kasmir. 2009. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

Nurmayasari, Andi. 2012. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan(Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2010). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Ogolmagai, Natalia. 2013. Leverage Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Manufaktur Yang Go Public Di Indonesia. Jurnal EMBA 8I.1(3) hal: 81-89.

Prihadi, Toto. 2014. Memahami Laporan Keuangan Sesuai IFRS Dan PSAK. Jakarta: PPM.

Rahayu, Maryati dan Sari, Bida. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. IKRATH-HUMANIORA, Vol.2.No.2.

Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Gajah Mada.

Rudangga, I Gusti Ngurah Gede dan Sudiarta, Gede Merta. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen UNUD, Vol.5.No.7.

Setia, Lukas. 2008. Teori Dan Praktik Manajemen Keuangan. Yogyakarta: ANDI.

Singapurwoko, Arif dan Muhammad Shalahuddin Mustofa El-Wahid. 2011. The Impact of Financial Leverage to Probability Study of Non-Financial Companies Listed in Indonesia Stock Exchange. Europian Jurnal of Economics. Finance And Administrative Science. H:137-148.

Sudarmadji, Ardi Murdoko dan Lana Sularto. 2007. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Tipe Kepemilikan Perusahaan Terhadap Luas Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan, Proceeding PESAT, Volume 2. Universitas Gunadarma Jakarta.

Suharli, Michaell. 2006. Studi Empiris Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Go Publik Di Indonesia. Jurnal Maksi.6(1).

Sujoko dan Soebiantoro. 2007. Pengaruh Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Emperik Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta). Dalam Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. G(1): h: 41-48.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi Dengan SPSS. Edisi I. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Tambunan, Andy Porman. 2007. Menilai Harga Wajar Saham. Editor Edhi S. Widjojo. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/pjmb.v1i2.23157

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/pjmb.v1i2.23157.g14246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


p-ISSN: 2685-5526 (printed)

e-ISSN: 2714-562X (Online)



Prospek Jurnal Manajemen dan Bisnis terindeks oleh:

   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch



Creative Commons License

Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.