Pengaruh Kompetensi dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Authors

  • Putu Agnes Irmayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Ary Widiastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suarmanayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26274

Abstract

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) kompetensi terhadap kinerja karyawan (2) budaya kerja terhadap kinerja karyawan (3) kompetensi dan budaya kerja terhadap kinerja karyawan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah karyawan Divisi Umum dan SDM Rumah Sakit Umum Karya Dharma Husada Bros Singaraja dan objek penelitian ini adalah kompetensi, budaya kerja, dan kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kompetensi  berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (2) budaya kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan  (3) kompetensi dan budaya kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan

 

Kata kunci: kompetensi, budaya kerja, kinerja karyawan

 

                                                                       

Abstract

 

The purpose of this research is to test the impact of (1) competence on employee performance, (2) work culture on employee performance, (3) competence and work culture on employee performance. The research design used is causal quantitative research. The subject of this study is all employees of the divisi umum dan SDM Rumah Sakit Umum Karya Dharma Husada Bros Singaraja the object of this study is competence, work culture and employee performance. The population of this studi is 50. Data collected by questionnaires, interviews, and observation. The data analysis used is multiple linier regression analysis. The results of this study indicate that (1) the competence has a positive and significant impact on the performance employee  (2) work culture has a positive and significant impact on the performance employee (3) the competence and work culture has a positive significant on the performance employee

 

Keyword:  employee performance, competence, work culture.

 

 

 

Author Biography

Putu Agnes Irmayanti, Universitas Pendidikan Ganesha

 

Putu Agnes Irmayanti lahir di Anturan pada tanggal 27 Juni Penulis lahir dari pasangan suami istri Bapak Komang Widiantara dan Ibu Wayan Meliani. Penulis berkebangsaan Indonesia dan beragama Hindu. Kini penulis beralamat di Dusun Munduk, Desa Anturan. Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Penulis menyelesaikan pendidikan dasar di SD Negeri 1 Anturan dan lulus pada 2010. Kemudian penulis melanjutkan di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja dan lulus pada tahun 2013. Pada tahun 2016, penulis lulus dari SMA Laboratorium Undiksha Singaraja jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial dan melanjutkan ke S1 Jurusan Manajemen di Universitas Pendidikan Ganesha. Pada semester akhir tahun 2020 penulis telah menyelesaikan Skripsi yang berjudul “Pengaruh Kompetensi dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Umum dan SDM Rumah Sakit Umum Karya Dharma Husada Bros Singarajaâ€.     

 

References

Dessler. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 1. Jakarta: PT Indeks

Hasibuan, Malayu S.P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

------------.2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi Cetakan Kedelapan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iswahyu. (2014). Pengaruh Kesesuaian Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Malang. Jurnal Eksekutif, Volume 2, Nomor I, April 2005, Hal 63-80

Kusumawati. 2015. “Analisis Pengaruh Budaya Kerja Dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bank Mandiri KCP Puger Jember”

Mangkunegara. 2005. Perilaku dan Budaya Organisasi Cetakan Pertama. Malang: Remaja Rosda Karya.

Mikhail,dkk. (2014). Pengaruh Kompetensi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Rumah SAKIT Pekanbaru.. Jom FEKON 1 No 2.

Sedarmayanti. 2007. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Penerbit Mandar Maju

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Administrasi, Penerbit Alfabeta Bandung.

--------- 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulaksono. 2002. Pengantar Organisasi dan Manajemen. Yogyakarta: Fisipol Universitas Negeri Surakarta.

Sutrisno. E (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Syahputra.2013.Pengaruh Kompetensi Budaya Kerja dan kepuasan kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Camat Meral Kabupaten Karimun.

Triguno. (2004). Budaya Kerja. Mneciptakan Lingkungan Yang Kondusif Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja, Edisi 6, PT Golden Trayon Pres, Jakarta.

Wibowo.2007 Budaya Organisasi Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

----------. 2007. Budaya Organisasi Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

Wibowo. 2013. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

World Health Organization. Definisi rumah sakit : WHO. 2008. Available from :www.who.int. (6 Desember 2019)

Downloads

Published

2020-07-06

Issue

Section

Articles