Pengaruh Kualitas Produk,Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek PCX

Authors

  • Putu Vivin Tannia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v3i2.29250

Keywords:

desain produk, harga, keputusan pembelian, kualitas produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) kualitas produk, desain produk dan harga terhadap keputusan pembelian, (2) kualitas produk terhadap keputusan pembelian, (3) desain produk terhadap keputusan pembelian dan (4) harga terhadap keputusan pembelian. Desain penelitian ini yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif kasual. Subjek penelitian ini adalah konsumen yang membeli sepeda motor merek PCX pada Pos Mertha Buana Motor Seririt dan objek adalah kualitas produk, desain produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pencatatan dokumen, yang dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kualitas produk, desain produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) desain produk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan (4) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Afandi, Miftahudin. (2017). “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Daeler Surya Sakti Motor Kediri”. Jurnal Manajemen: Kediri

Agusty, Ferdinand. (2005). Structural Equation Model dalam Penelitian Manajemen. Semarang: UNDIP.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM Spss 19 Edisi Kelima. Semarang : Universitas Diponegoro

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Garry Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran.

Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Martini, Tina. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Merek Honda Jenis Skutermatic. Jurnal Penelitian,9(1), 1-20.

Nur Faedah. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Lea Pada Showroom Lea Di Samarinda. E-Journal Ilmu Administrasi Bisnis.

Pramono Rian. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Riska dan Agung. (2019). Kualitas Produk Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol, 8, No 2.

Saladin, Djaslim. (2007). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya

Simamora Virgon. (2017). Pengaruh Desain Priduk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada The Botol Sosro Dengan Kualitas Produk Sebagai Valiabel Moderating. Jurnal Online Internasional Dan Nasional. Jakarta. Vol. 20. N0 1.

Zeitham, valerie A, Mary Jo Bitner, & Dwayne D Gremler. (2016), Services Marketing Integrating Custemer Fokus Acroos the Firm (4th edition). Singapore: McGraw Hill.

Downloads

Published

2022-01-30

Issue

Section

Articles