Kompetensi Soft Skills Karyawan Perusahaan di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.23887/pjmb.v3i1.30655Keywords:
kompetensi, soft skills, karyawanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kompetensi soft skills pada karyawan sebuah perusahaan di Surabaya. Soft skill sebagai salah satu kemampuan yang diperlukan dalam dunia kerja merupakan hal yang penting dimiliki oleh para karyawan agar dapat bersaing dalam dunia industri yang semakin ketat. Dalam penelitian ini, subjek penelitian sebanyak 88 reponden yang berasal dari satu perusahaan yang berlokasi di Surabaya. Kompetensi karyawan diukur melalui indikator-indikator kompetensi yang dikemukakan oleh Spencer & Spencer (1993) yang mengklasifikasikan dimensi dan komponen kompetensi soft skills individual menjadi tiga, yaitu: (1). Kompetensi intelektual, (2). Kompetensi emosional, (3). Kompetensi sosial. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi softskill yang dimiliki oleh responden penelitian adalah kompetensi intelektual sebesar 43%, kompetensi emosional sebesar 22%, kompetensi sosial sebesar 35%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa kompetensi intelektual merupakan kompetensi softskill yang dominan dimiliki oleh responden. Kompetensi intelektual ini berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, pemahaman professional, pemahaman konstektual dari pelaksanaan tugas.
References
Emiliasari, E., Widarko, A., & Slamet, A. R. 2017. Pengaruh Soft Skill Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Pelangi Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, Vol 6, No.1.
Hakim, A. 2015. Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science 4 (2) pp 01-12 (p): 2319 – 1805
Kartika, L. N., & Sugiarto, A. 2014. Pengaruh Tingkat Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Perkantoran. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17(1), 73-90.
Martini, IAO., Rahyuda, IK., Sintaasih. DK., Piartrini, PS. 2018. The Influence of Competency on Employee Performance through Organizational Commitment Dimension. Journal of Business and Management .20, (2), pp 29-37
Rizal, Y., Hubeis, M., Mangkuprawira, S., & Maulana, A. 2013. Pengaruh faktor kompetensi terhadap kinerja individu di perusahaan agroindustri go public. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 8(1), 1-8.
Robles, M.M. 2012. Executive perceptions of the top 10 soft skills needed in today’s workplace. Business Communication Quarterly, 75, 453-465.
Rokhayati,A., Kambara, R., Ibrahim, M. 2017. Pengaruh Soft Skill Dan Perencanaan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kualitas Pelatihan Sebagai Variabel Moderator (Studi Empiris Pada PT. Krakatau Tirta Industri Cilegon). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), Vol. 1 (2) 107-124
Spencer, L.M., Spencer, S.M. 1993. Competence at Work: Models for Superior Performance. Wiley Publisher
Zehr, M. A. 1998. New office economy putting greater demands on schools. Education Week, 17(23), 7-10.