Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Poduk pada Marketplace Tokopedia

Authors

  • Made Pasmi Yuliani Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suarmanayasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v3i2.31539

Keywords:

harga, online consumer review, keputusan pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh harga dan review konsumen online terhadap keputusan pembelian, baik secara simultan maupun sebagian. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah remaja di kota Singaraja berusia 17-26 tahun yang melakukan transaksi di Tokopedia dan menggunakan aplikasi Tokopedia. Dan subjek penelitian ini adalah harga, review konsumen online dan keputusan pembelian. Penentuan sampel dalam penelitian ini secara efisien dan random sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) harga dan review konsumen online berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) review konsumen online berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Almana, Amal. M, dkk. (2013). The Impact of Electronic Word of Mouth on Consumers Purchasing Decisions: International Journal of Computer Applications. Volume 82.

Althaf, Revi Karnita & Andriani K. (2018). Pengaruh Country Of Origin Dan Online Consumer Review Terhadap Trust Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Tahun Akademik 2017/2018 Pembeli Produk Oppo Smartphone). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB.)Vol. 61, No.1.

Asri, N & Widiartanto. (2019). Pengaruh Online Consumer Review dan Online Consumer Rating Terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shoppe. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 8, No.2.

Dani I. (2005). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian rumah. e-Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 4, No. 2.

Erika P.P. (2010). Analisis pengaruh kualitas produk, merek, dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor Yamaha Jupiter Z. Jurnal Ekobis Dewantara. Vol.1, No. 10.

Mahanani, Estu. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall.com Jurnal Universitas Persada Indonesia.Vol. 2, No. 2.

Fransiska. V. S. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia.com. Jurnal AGORA. Vol. 5, No. 1.

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis. Vol.1, No.1.

Iduozee, E. Eliana. (2015). The Credibility of Online Consumer Reviews: Case Lumene. Tesis University of Tempere.

Kotler, Philip dan G. Amstrong. (2018). Priciples Of Marketing, Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Noviyanti. H, Amril, dkk. (2019). The Effect of Price and Location on Purchasing Decisions at the Swalayan Maju Bersama MMTC Medan. International Journal of Trend in Scientific Research and Development (IJTSRD). Vol. 3, No. 6.

Nur. L.H. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Review dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol. 6, No. 3.

Opiida. (2014). Pengertian E-Marketplace. Tersedia pada https://tokohalista.wordpress.com (diakses tanggal 18 Oktober 2020).

Reni. F, Mirza A. K. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Ambasador, Harga Dan Desain Produk Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee. Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan Universitas Banten Jaya. Vol. 3, No. 1.

Riska & Renny, D. (2020). Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Volume 8 No 2 Tahun 2020.

Budiharja, G. E. Riyono (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal STIE Semarang. Vol. 8, No. 2.

Sangadji, E.M. (2013). Prilaku Konsumen. Yogyakarta. Penerbit: Andi.

Saputri, M. E. (2016). Pengaruh perilaku konsumen terhadap pembelian. Jurnal Sosioteknologi. Vol.1, No.5.

Sutanto, Monica. A, dkk. (2016). The Effect of Online Consumer Review toward Purchase Intention: A Study in Premium Cosmetic in Indonesia. Journal International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science.

Syafitri, I. (2019). Pengertian Online Shop, Manfaat Beserta Kelebihan Dan Kekurangan Online Shop. Tersedia pada https://www.nesabamedia.com/pengertian-online (diakses pada 30 September 2020).

Gunawan, Tri dan S, Agustin. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM)”. Vol. 6, No. 4.

Downloads

Published

2022-01-30

Issue

Section

Articles