Loyalitas Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha Pada Penggunaan Tokopedia Berdasarkan Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Ida Ayu Komang Trisna Mega Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v3i2.31868

Keywords:

kepercayaan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan secara simultan maupun parsial terhadap loyalitas pelanggan e-commerce Tokopedia. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 150 responden, teknik sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepercayaan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. (2) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. (3) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan.

References

Aaker, David A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Jakarta : Salemba Empat.

Augusty, Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Elrado H., Molden dkk. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan, dan Loyalitas (Survei pada Pelanggan yang Menginap di Jambuluwuk Batu Resort Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 15, No. 2.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harumi, Sasha Dwi. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Perusahaan Seiko Laundry Medan. Jurnal AnalitikaUniversitas Medan. ISSN. 2502-4590. Vol.8. No.2.

Irnandha, Aris. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Jasa Penggiriman Jalur Darat. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kotler, Philip,& Keller Kevin Lane. (2016). Marketing Management, 15th Edition. New Jersey : Pearson Education.

Rafiah, Kurnia Khafidhatur. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. E-Journal Universitas Padjajaran. E- ISSN: 2528-2948. Vol. 5, No.1.

Rika, Agustina Maulidatur. (2017). Model Loyalitas Pelanggan Berbasis Customer Relationship Management (Studi Kasus Pada Usaha Distro Districtsides Dan Smith Semarang). Jurnal Ekonomi Bisnis. Vol.18. No.2.

Siregar, August Halomoan. (2019). Pengaruh Trust Dan Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Di Era E-Commerce Pada Toko Cheire Amore. Jurnal Ilmiah Smart. ISSN 2549-5836. Vol III. No.1. Hal 1-10.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Telagawathi, Ni Luh Wayan Sayang. (2014). Kepuasan Pelanggan terhadap Citra Perusahaan dan Switching Barrier serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan Industri Jasa Asuransi di Bali. Jurnal Manajemen & Akuntansi STIE Triatma Mulya. Vol. 20, No.2.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset.

Tumbel, Altje. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt Bank Btpn Mitra Usaha Rakyat Cabang Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum. Vol. 3. No.1.

Untoro, Wisnu. (2016). Faktor-Faktor Pembentuk Loyalitas Merek Pada Pengguna Ponsel Smartfren. Jurnal Economia. Vol. 12, No.2.

Wicaksono, Yoga. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management. ISSN. 2337- 3792. Vol.4 No. 4 Hal 1-11.

Widiyanto, Bangun Prasetyo. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Swalayan Luwes Purwodadi). Jurnal Manajemen dan Bisnis. Volume 2 No. 3.

Downloads

Published

2022-01-30

Issue

Section

Articles