Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Produktivitas Petani Jeruk di Subak Gunggung Desa Sukawana Bangli

Authors

  • Ni Putu Elvi Kusumiadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Krisna Heryanda Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Kompetensi, Motivasi, Produktivitas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dibuat untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji mengenai pengaruh (1) kompetensi terhadap produktivitas petani jeruk. (2) motivasi terhadap produktivitas petani jeruk. (3) kompetensi terhadap motivasi petani jeruk. (4) kompetensi terhadap produktivitas melalui motivasi petani jeruk di Subak Gunggung Desa Sukawana, Bangli. Desain penelitian yang dipakai pada penelitian ini merupakan kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah semua petani pada Subak Gunggung Desa Sukawana, Bangli. Objek penelitian ini berfokus pada variabel kompetensi, motivasi dan produktivitas petani. Populasi pada penelitian ini berjumlah 90 orang. Metode pengumpulan data memakai metode kuesioner dan pencatatan dokumen yang kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Kompetensi berpengaruh positif terhadap produktivitas petani, (2) Motivasi berpengaruh positif terhadap produktivitas petani, (3) Kompetensi berpengaruh positif terhadap motivasi petani, dan (4) Kompetensi berpengaruh positif terhadap produktivitas melalui motivasi petani.

References

Arta, Tiurma. (2017). Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai PT. PLN (Persero) Area Tanjungpinang. Tugas Akhir (tidak ditertibkan). Jurusan Manajemen, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Effendy, O U. (1983). Human Relation dan Public Relation Dalam Manajemen. Bandung: Alumni.

Gae, Marlinda A.D.A. (2015). “Pengaruh Kemampuan dan Motivasi kerja terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Pada Proyek Konstruksi di Yogyakarta”. e-Journal PPS Manajemen Konstruksi Universitas Atma Jaya, Program Studi Teknik Sipil.

Gomes, Faustino Cardoso. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Handoko, T. Hani. (2001). Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu SP. (1993). Manajemen Sumber Daya Manusia (Dasar Dan Kunci Keberhasilan). Jakarta: CV. Haji Masagung.

Hasibuan, Malayu SP. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mardikanto, T. (1997). Dasar-Dasar Komunikasi Pembangunan. Jakarta: PT Balai Pustaka (Persero).

Marwansyah. (2015). “Pengaruh Kepemimpinan dan Kompetensi Terhadap Motivasi Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank OCBC NISP Tbk. Cab. Pekanbaru”. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, Volume 7, Nomor 2.

Mulyadi, Hari. (2014). “Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Galamedia Bandung Perkasa”. Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen, Volume 9, Nomor 17 (hlm.97-111).

Siswandy, A. (2017). “Pengaruh Kompetensi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderator di PT. PLN (Persero) Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan Unit Workshop dan Pemeliharaan IV (Pusharlis UWP IV)”. e-Procceeding of Management, Volume 4, Nomor 3.

Suhaji, Andree Wijaya. (2009). “Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Karyawan PNPM Mandiri Pedesaan Jawa Tengah”. Jurnal Manajemen. Volume 3, Nomor 2 (hlm. 1-11).

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-05-16

Issue

Section

Articles