Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng

Authors

  • Made Suwandewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Trianasari Trianasari Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Kecerdasan emosional, lingkungan kerja, kinerja karyawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh (1) kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan, (2) lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, (3) kecerdasan emosional dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Karyawan Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng merupakan subjek penelitian ini sedangkan kecerdasan emosional, lingkungan kerja, dan kinerja karyawan merupakan objek penelitian. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 41 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan  analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa (1) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan; (2) lingkungan kerja berpengaruh positif dansignifikan terhadap kinerja karyawan; dan (3) kecerdasan emosional dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

 

Author Biography

Made Suwandewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Made Suwandewi lahir di Sukasada pada tanggal 23 April 1998. Penulis lahir dari pasangan suami istri Bapak Ketut Karya dan Ibu Nyoman Swastining. Penulis berkebangsaan Indonesia dan beragama Hindu. Kini penulis beralamat di Jalan Pratu Ginten, Lingkungan Sangket, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.
Penulis menyelesaikan pendidikan dasar di SD Negeri 3 Sukasada dan lulus pada tahun 2010. Kemudian penulis melanjutkan di SMP Negeri 1 Sukasada dan lulus pada tahun 2013. Pada tahun 2016, penulis lulus dari SMK Negeri 1 Sukasada jurusan Seni Tari dan melanjutkan ke S1 Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia di Universitas Pendidikan Ganesha. Pada semester akhir tahun 2020 penulis telah menyelesaikan Tugas Akhir yang berjudul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Kebudayaan Kabupaten Bulelengâ€.

References

Arta, Tiurma. (2017). Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai PT. PLN (Persero) Area Tanjungpinang. Tugas Akhir (tidak ditertibkan). Jurusan Manajemen, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Effendy, O U. (1983). Human Relation dan Public Relation Dalam Manajemen. Bandung: Alumni.

Gae, Marlinda A.D.A. (2015). “Pengaruh Kemampuan dan Motivasi kerja terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Pada Proyek Konstruksi di Yogyakarta”. e-Journal PPS Manajemen Konstruksi Universitas Atma Jaya, Program Studi Teknik Sipil.

Gomes, Faustino Cardoso. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Handoko, T. Hani. (2001). Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu SP. (1993). Manajemen Sumber Daya Manusia (Dasar Dan Kunci Keberhasilan). Jakarta: CV. Haji Masagung.

Hasibuan, Malayu SP. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mardikanto, T. (1997). Dasar-Dasar Komunikasi Pembangunan. Jakarta: PT Balai Pustaka (Persero).

Marwansyah. (2015). “Pengaruh Kepemimpinan dan Kompetensi Terhadap Motivasi Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank OCBC NISP Tbk. Cab. Pekanbaru”. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, Volume 7, Nomor 2.

Mulyadi, Hari. (2014). “Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Galamedia Bandung Perkasa”. Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen, Volume 9, Nomor 17 (hlm.97-111).

Siswandy, A. (2017). “Pengaruh Kompetensi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderator di PT. PLN (Persero) Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan Unit Workshop dan Pemeliharaan IV (Pusharlis UWP IV)”. e-Procceeding of Management, Volume 4, Nomor 3.

Suhaji, Andree Wijaya. (2009). “Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Karyawan PNPM Mandiri Pedesaan Jawa Tengah”. Jurnal Manajemen. Volume 3, Nomor 2 (hlm. 1-11).

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-05-16

Issue

Section

Articles