Produktivitas Kerja Petani di Desa Bulian Kubutambahan Berdasarkan Kompensasi dan Disiplin Kerja

Authors

  • I Komang Puji Darmawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Krisna Heryanda Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

disiplin kerja, kompensasi, produktivitas kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompensasi dan disiplin kerja baik secara simultan maupun parsial terhadap produktivitas kerja petani di Desa Bulian Kubutambahan. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 37 responden yang merupakan petani pada lahan I Wayan Kantra di Desa Bulian Kubutambahan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja (2) Ada pengaruh positif kompensasi terhadap produktivitas kerja (3) Ada pengaruh positif disiplin kerja terhadap produktivitas kerja

References

Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Erlangga

Dewi, Vicky Frestiani. (2014). Pengaruh Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan UMKM Samarinda. E-Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol.2, No.2.

Efendi, Marihot Tua. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Penerbit Grasindo.

Fitria dan Kartini. (2018). “Pengaruh Kompensasi dan Keselamatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Muirnawas Lestari Makmur, Kabupaten Musi Rawas”. Costing. Volume 1. No. 2 (hlm. 265-266).

Ganie, Abidin. (2017). “Pengaruh Disiplin Kerja dan Fasilitas Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Job Site Binsua (Binungan Suaran)”. Change Agent For Management Journal, Volume 1, No.1 (hlm.27).

Ghozali, Imam. (2011), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanggraeni, Dewi. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Harlie, M. (2010). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Pemerintah Kabupaten Tabalong di Tanjung Kalimantan Selatan. Jurnal Manajemen dan Akuntansi 11 (2):10-23.

Hasibuan, Malayu S.P. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revsi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hidayat, Zainul dan Taufiq, Muchamad. (2012). “Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja serta Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lumajang. Jurnal WIGA. Volume 2. No. 1 (halaman 83).

Iswanto, Yun dan Yusuf, Adie. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Banten: Universitas Terbuka.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Noor, Juliansyah. (2014). Analisis Data Penelitian Ekonomi & Manajemen. Jakarta: PT. Grasindo.

Nuraina, Elva, dkk. (2017). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Karyawan (Studi Pada Perusahaan Air Minum (PDAM) Lawu Tirta Kabupaten Magetan)”. FIPA Universitas PGRI Madium. Volume. 5. No. 1 (hlm 154).

Purnama, Ridwan. (2008). “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada Bagian Produksi CV. Eplison Bandung”. Jurnal Strategic. Volume 7. Nomor 14 (hlm 59).

Rakasiwi, Galih. (2014). Pengaruh Motivasi, Kepuasan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Empiris Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karanganyar). Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rivai, V. (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. S. Panggabean, Mutiara. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bogor: Ghalia Indonesia.

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Setiawan, Agung. (2013). “Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan Malang”. Jurnal Ilmu Manajemen. Volume 1 Nomor 4 (halaman 1247).

Simanjuntak, Payaman J.. (2011). Manajemen Hubungan Industrial. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Singodimedjo, Markun. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: SMMAS.

Sinungan, Muchdarsyah. (2000). Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suandi, I Nengah, dkk. (2016). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Singaraja: Universtias Pendidikan Ganesha.

Sunyoto, Danang. (2012). Teori, Kuesioner, dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Sutrisno, dkk. (2016). “Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Semarang”. Journal od Management. Volume 2. No. 2.

Sutrisno, Edy. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Suyitno, Andi Setyawan. (2016). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kompensasi dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada Perhimpunan BMT Indonesia di Kabupaten Semarang). Among Makarti. Volume 9. Nomor 18 (halaman 58-59, 63).

Wirayanti, Ni Luh Putu Eka. (2017). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada CV Tarum Bali Sejahtera Kabupaten Gianyar. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Manajemen, Undiksha Singaraja.

Wuranto, (1990). Manajemen Kepegawaian. Yogyakarta: Kanius

Downloads

Published

2022-05-16

Issue

Section

Articles