Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja pada Buruh Tani Wanita di Desa Siakin Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli

Authors

  • Ni Kadek Leni Arisanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Krisna Heryanda Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

kepuasan kerja, kompensasi, motivasi.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji hal-hal sebagai berikut (1) pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja pada buruh tani wanita, (2) pengaruh kompensasi terhadap motivasi pada buruh tani wanita, (3) pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja pada buruh tani wanita, (4) pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja melalui motivasi pada buruh tani wanita di desa Siakin. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif kausal. Objek penelitian yang dilakukan berfokus pada variabel kompensasi, motivasi dan kepuasan kerja. Sedangkan, subjek penelitian ini adalah buruh tani wanita di desa Siakin yang sudah menjadi IRT. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah responden sebanyak 107 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil yang didapatkan dari penelitian ini dilakukan yaitu (1) kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada buruh tani wanita, (2) kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi buruh tani wanita, (3) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada buruh tani wanita, (4) motivasi mampu memediasi pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja pada buruh tani wanita di desa Siakin.

References

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Damayanti, N., & Julinar, A. (2019). Pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pegawai badan pengelola pajak dan retribusi daerah (BPPRD) Bangka. MODUS, 207-226.

Damayanti, N., & Julinar, A. (2019). Pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pegawai badan pengelola pajak dan retribusi daerah (BPPRD) Bangka. MODUS, 31(2), 207-226.

Erwinsyah, Wadud, M., & Kurniawan DP, M. (2015). Pengaruh kompensasi terhadap motivasi kerja karyawan PDAM Tirta Musi Palembang. Journal Ilmiah Ekonomi Masa Kini, 06(01).

Handoko, H. (2010). Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE UGM.

Harahap, D., & Khair, H. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Kepuasa Melalui Motivasi. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 02(01), 69-99.

Hasibuan , M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kuswanto, D. (2012). Statistik Untuk Pemula dan Orang Awan. Jakarta Timur: Laskar Aksara.

Mangkunegara, A. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardikanto, T., & Soebiato, P. (2013). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik . Bandung: Alfabeta.

Martoyo , S. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Merlianti , R. (2006). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (KANDATEL). Bandung: Universitas Widyatama.

Mudzhakar, A. (2001). Wanita Masyarakat Indonesia. Yogyakarta: Sunan Kalijaga Press.

Murty, W., & Gunasti, H. (2012). Pengaruh kompensasi, motivasi dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan bagian akuntansi (studi kasus pada perusahaan manufaktur di Surabaya). Jurnal The Indonessia Accounting Riview, 02(02), 215-228.

Rizal, M., Idrusand, M., & Djumahir, M. (2014). Effect of Compensation on Motivation, Organizational, Commitment and Employed Perfomance (Studies in Local Revenue Management in Kendari City). International Journal of Business and Management Invetion , 03(02), 64-79.

Sofyandi, H. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sompie, A., Taroreh , R., & Lumintang, G. (2019). Pengaruh Kompensasi, Pengembangan Karir dan Motivasi terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado. Jurnal EMBA, 7(01), 851-860.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2012). Teori, Kuesioner dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktek Penelitian). Yogyakarta: CAPS.

Sutrisno, E. (2011). Budaya Organisasi . Jakarta: Penerbit Kencana (Prenada Media Group).

Widianto, T., & Setyawasih , R. (2019). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan . Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan , 13(02).

Downloads

Published

2022-05-16

Issue

Section

Articles